Tips Mudik Bersama Hewan Kesayangan

Saat memutuskan untuk pergi mudik bersama seluruh keluarga, terkadang kita sedikit risau untuk meninggalkan hewan kesayangan di rumah sendirian, apalagi acara mudik ini bisa berhari-hari lamanya. Sehingga tidak jarang, hewan kesayangan ini juga ikut mudik bersama, hitung-hitung sekaligus mengajak hewan peliharaan kita berekreasi.

Tidak ada salahnya mengajak hewan untuk mudik bersama.Tetapi sebelum memutuskan mengajak mereka mudik, perlu diperhatikan beberapa hal berikut ini. Supaya acara mudik tetap aman, dan semua bisa sampai di tempat tujuan dengan selamat dan tetap sehat.

Tips Mudik Bersama Hewan Kesayangan

1. Periksa ke dokter
Tidak hanya manusia saja yang perlu persiapan fisik yang sehat dan prima. Hewan peliharaan juga perlu diperiksakan kondisi kesehatannya, sebelum menempuh perjalanan jauh. Jika hewan menunjukkan tanda-tanda gelisah yang cukup parah, mintalah dokter hewan untuk memberikan obat penenang sebelum berangkat mudik. Atau jika kondisinya tidak memungkinkan untuk perjalanan jauh, lebih baik ditinggal di tempat penitipan. Jangan lupa juga, hewan kesayangan sudah divaksinasi, sebelum diajak mudik maupun jika ingin ditinggal di tempat penitipan. Karena tempat penitipan hewan juga pasti banyak menampung hewan lain, ini untuk menghindari penularan penyakit dari hewan lainnya.

2. Memberi makan saat di perjalanan
Sebaiknya saat di perjalanan, jangan memberikan anjing makan terlalu banyak atau makanan berat. Gantilah dengan makanan ringan atau snack, untuk menghindari anjing mengalami mual dan muntah. Sebaliknya, untuk kucing, jangan biarkan perut kucing kosong. Berilah kucing snack tambahan supaya bisa dimakannya kapan saja.
Dan jika Anda membawa serta burung peliharaan, usahakan untuk memantau persediaan pakan dan minumnya supaya tidak kosong.



Baca juga tips lainnya : Mengatasi Kucing Yang Tidak Mau Makan
  3. Berikan waktu istirahat
Tidak hanya manusia yang merasa lelah, hewan piaraan juga bisa kelelahan akibat perjalanan jauh. Usahakan untuk berhenti beristirahat, setidaknya 4-5 jam setelah perjalanan. Biarkan hewan peliharaan keluar dari mobil untuk menghirup udara segar, sekaligus jika mereka ingin pup atau kencing.

4. Perhatikan kenyamanan
Faktor kenyamanan juga penting untuk hewan kesayangan. Jika Anda menyalakan AC mobil, usahkan benar-benar terasa dingin dan sejuk untuk para hewan piaraan ini. Bagi yang membawa anjing, bisa sesekali membiarkan jendela terbuka sebagian, supaya anjing bisa mengeluarkan kepalanya dan menghirup udara bebas sejenak. Dan bagi yang membawa burung, usahakan untuk menutup sangkar dengan kerodong, supaya burung tidak stres selama perjalanan.

5. Siap sedia obat
Saat akan melakukan mudik, pasti Anda sudah menyiapkan beberapa obat untuk Anda dan keluarga. Tapi jangan lupa juga untuk menyediakan obat bagi hewan kesayangan Anda. Karena saat melakukan perjalanan jauh merupakan kegiatan yang jarang dialami hewan, jadi mereka bisa mengalami mual dan muntah kapan saja. Seperti anjing misalnya, jenis hewan ini tidak bisa mentoleransi suhu lingkungan yang tinggi. Jadi pastikan mobil Anda benar-benar dingin, dan sesekali membuka jendela untuk sirkulasi udara yang sehat.

6. Tempat yang aman
Saat berada di dalam mobil, pastikan keamanan mereka. Jika Anda membawa kucing, tetap sediakan bak pasir untuk pup. Dan ada baiknya untuk menempatkan mereka di dalam kandang, supaya anggota keluarga yang ikut juga merasa nyaman. Jangan lupa juga untuk membawa tali anjing atau kucing, supaya bisa membawa mereka keluar saat beristirahat di jalan.

Dengan demikian, acara mudik bersama hewan kesayanganpun akan membawa sensasi tersendiri. Dan tentunya menghilangkan rasa khawatir Anda jika mereka ditinggal di rumah.




Share this

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Pertanyaan dan komentar Anda akan segera muncul setelah ditinjau, dan akan segera kami balas. Terima kasih. EmoticonEmoticon