Mengenal Jenis-Jenis Warna Lovebird

Seperti tulisan saya pada postingan sebelumnya, bahwa burung Lovebird saat berpopulasi di alam bebas memiliki warna bulu yang dominan gelap, seperti hitam, abu-abu dan hijau gelap.


Namun, karena keindahan dan kecantikan burung jenis paruh bengkok ini, maka saat ini Lovebird sudah mulai banyak dibudidayakan dan dikawin-silangkan.
Yang kemudian, munculah jenis-jenis warna-warna baru dan terang.


Berikut ini beberapa jenis warna bulu Lovebird yang sering kita jumpai :



1. Kuning
Warna kuning pada Love bird bisa bervariasi, antara lain jenis Lutino. Jenis ini cukup banyak peminatnya, dengan harga lebih mahal dari jenis warna lainnya, terutama untuk jenis Lutino mata merah.

kicaupetzone.com


- Lutino Mata Merah dan Retina Merah :

 Mempunyai warna bulu kuning cerah pada badan, sayap sampai ekor. Kepala berwarna orange kemerahan, dengan mata/retina berwarna merah. Jenis warna ini lumayan langka dan untuk harga juga lebih mahal dari jenis lainnya.

- Lutino Mata Hitam
Ciri-ciri warna pada bulunya sama dengan Lutino mata merah. Hanya yang membedakan adalah warna pada retina mata yang berwarna hitam.

- Pastel Kuning : Warna bulu kuning dengan campuran warna agak kehijauan.

2. Hijau
Ini salah satu warna yang sering dan banyak dijumpai. Biasanya warna hijau ada pada bagian tubuh, sayap sampai pada ekor. Pada kepala biasanya berwarna kuning kehijaun, dengan warna paruh merah. Jenis warna hijau ini juga bervariasi, antara lain :
 
- Dakocan
Kepala hitam, leher kuning sembur merah, bulu badan berwarna hijau.

- Hijau Muka Merah
Warna kepala dan muka berwarna merah, dengan leher kuning dan memiliki warna hijau pada bulu badan sampai ekor.

- Olive
Warna dominan hijau gelap cenderung kecoklatan, terutama pada area kepala dan sayap, leher berwarna kuning kehijauan. Masuk dalam jajaran warna langka dan harganya juga biasanya lebih mahal dari warna lainnya.

kicaupetzone.com

3. Biru
Warna ini juga termasuk jenis warna silangan yang unik, dan semakin menambah jumlah variasi warna pada burung Lovebird. Warna biru yang muncul dalam persilangan yang sudah banyak dijumpai adalah :

- Pastel biru : 
Memiliki ciri-ciri warna biru muda sembur putih pada badannya, kepala abu-abu, dengan paruh berwarna putih.

- Biru Mangsi (Tinta) :
Warna bulunya biru sedikit agak tua seperti tinta. Abu-abu pada kepala, dan paruh berwarna putih.

- Cobal :
Biru pada jenis warna ini agak sedikit kehijauan, dengan kepala abu-abu gelap. Peminat lovebird jenis warna ini juga cukup banyak karena keunikannya.

kicaupetzone.com

4. Putih
Warna putih ini cukup langka dikalangan jenis warna pada lovebird. Disebut juga lovebird jenis Albino, karena warna bulunya yang putih polos. Warna Albino ini juga bervariasi, antara lain :

- Albino Mata Merah :
Bulu putih polos, dengan mata/retina berwarna merah.

- Albino Mata Hitam :
Warna bulunya sama, yaitu putih polos, dengan mata/retina berwarna hitam.  

- Pastel Putih :
Memiliki ciri-ciri warna putih agak kebiruan pada badan, kepala putih dengan paruh putih pucat.

kicaupetzone.com
 

5. Hitam

Warna hitam yang memang merupakan warna dasar dan warna asli dari burung lovebird ini sangat langka untuk dijumpai. Pada umumnya warna hitam ini berpadu dengan warna abu-abu atau sembur. 

- Batman :
Para kicau mania menyebut jenis warna hitam ini dengan sebutan Batman, karena memiliki warna kepala hitam. Harganyapun juga akan mahal karena warna unik yang dihasilkan. 
 
kicaupetzone.com


Untuk harga pasaran burung Love bird ini sangat beragam, pada dasarnya ditentukan oleh warna bulunya. Semakin unik dan langka, tentunya akan semakin mahal. Juga tergantung umur dan kemampuan berkicau.

Demikian yang bisa saya sampaikan disini, berdasarkan pengalaman pribadi yang saya temui selama ini. Jika ada kekurangan atau masukan lainnya, monggo dipersilahkan bergabung di komentar. 
Salam kicau mania.

Share this

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Juni 22, 2016 9:58 PM delete

wah cantik lovebirdnya,,,pengen punya

salam lovebirdmania .. Lovebird parblue

Reply
avatar
Juni 27, 2016 11:44 AM delete

Betul mbak Risa maritania.. lovebird memang burung cantik dan layak dijadikan peliharaan..
Terimakasih sudah mampir kesini...Salam lovebirdmania

Reply
avatar

Pertanyaan dan komentar Anda akan segera muncul setelah ditinjau, dan akan segera kami balas. Terima kasih. EmoticonEmoticon