7 Penyebab Stres Pada Kenari, Tanda-Tanda Dan Cara Pencegahannya

Stres pada Kenari berawal dari rasa takut yang disebabkan berbagai hal. Dalam batas tertentu, tubuh burung masih mampu mengatasinya. Tapi jika dibiarkan berlanjut, maka tubuh burung akan melemah dan fisiknya sulit digerakkan.

Kenari betina yang mengalami stres berat atau sering stres dapat menjadi mandul atau akan mempengaruhi kualitas produksinya pada saat ditangkarkan.

Gangguan stres pada kenari perlu dikenali penyebabnya sehingga dapat dilakukan tindakan pencegahan agar gangguan itu tidak berlanjut menjadi penyakit. Tapi sebelumnya, kenali dulu tanda-tanda stres yang dialami kenari.


7 Penyebab Stres Pada Kenari, Tanda-Tanda Dan Cara Pencegahannya


Tanda kenari mengalami stres

Kenari yang mengalami stres akan menunjukkan perubahan reaksi fisik dan tingkah lakunya. Apabila stres yang dialami kenari sudah sampai tingkat yang membahayakan, maka tanda-tanda yang terlihat pada fisik atau tubuhnya sangat jelas, yaitu :
  • Melakukan gerakan yang berlebihan karena rasa takut
  • Kenari akan tampak selalu gelisah
  • Nafsu makan berkurang 
  • Bulu kepala mengembang
  • Burung yang biasanya sudah terlatih berkicau akan jarang lagi berkicau, bahkan tidak mau berkicau sama sekali.

7 Penyebab Stres Pada Kenari 

1. Pada saat membeli kenari atau saat burung hendak dibawa kesuatu tempat, burung ditempatkan atau dibawa dalam kemasan yang salah atau kurang memadai. Misalnya wadah atau kemasan yang berukuran kecil, atau membawa burung lebih dari satu dalam kemasan, sehingga burung saling mematuk.

2. Ruangan yang terlalu bising/ gaduh, lingkungan yang sering berasap, dan juga aroma bahan kimia yang terlalu menyengat. 

3. Hawa/udara yang terlalu dingin, panas yang terlalu menyengat, dan pergantian cuaca secara mendadak.

4. Gangguan tikus di malam hari, dan kucing/anjing di siang hari.

5. Sangkar yang jarang dibersihkan dan sering tidak dijemur, munculnya parasit seperti kutu bulu, gurem, dan sejenisnya yang bisa menyerang fisik burung.

6. Gerakan atau suara burung lain yang fisiknya lebih besar dari kenari, dan selalu berada di dekatnya.

7. Proses ganti bulu yang berkepanjangan dan banyak gangguan. 

Cara Mencegah Stres Pada kenari

  1. Upayakan burung mendapatkan udara segar, terutama saat perjalanan jarak jauh. Jauhkan dari sumber panas (misalnya mesin mobil).
  2. Burung diberikan obat anti stres 2-3 hari sebelum dibawa pergi.
  3. Jika burung ingin dibawa tanpa menggunakan sangkar, sebaiknya satu kemasan untuk satu burung, tidak menyatukan sesama kenari jantan dewasa dalam satu tempat.
  4. Burung diletakkan di tempat yang teduh dan tenang, jauh dari gangguan lingkungan dan hembusan angin kencang.
  5. Sangkar selalu dibersihkan dan dijemur setiap hari.
  6. Dianjurkan tidak menempatkan burung berkicau jenis besar di dekat kenari yang dapat membuat kenari ketakutan dan jarang berkicau. Dan sebaiknya dijauhkan di ruangan lain supaya tidak saling melihat.
  7. Mengupayakan kelancaran proses rontoknya dan pertumbuhannya.
Baca juga :

Share this

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Pertanyaan dan komentar Anda akan segera muncul setelah ditinjau, dan akan segera kami balas. Terima kasih. EmoticonEmoticon