Dampak Positif Memiliki Anjing Bagi Anak-Anak

Sebagian orang mungkin percaya, saat mereka hamil, anjing peliharaan harus pergi, membawa anjing ke tempat penitipan, memberikannya kepada teman, atau menyingkirkannya ke tempat lain.

Banyak orang tidak sadar, bahwa anjing bisa menjadi guru yang hebat dan sanggup mengajarkan banyak hal kepada anak-anak, melalui sisi kehidupan anjing keluarga.

Berikut ini beberapa hal yang bisa dipelajari dari anjing keluarga untuk anak-anak.

1). Mengajarkan sisi kelembutan
Saat anak bersikap kasar, berteriak keras-keras, atau melakukan tindakan semena-mena, misalnya melempar sesuatu, atau terlalu bergembira, maka seekor anjing bisa menggeram dan pergi menjauh, atau menghalangi anak-anak untuk bermain dengan anak anjing.
Hal ini mengajarkan kepada anak-anak, bahwa menjadi lembut secara alami dan sentuhan lembut merupakan hal yang penting ketika menyayangi makhluk hidup lain. Sehingga anak-anak akan lebih menghargai makhluk dan hewan-hewan disekitarnya. Ini tidak menutup kemungkinan bahwa anak-anak juga akan lebih menghargai dan bersifat baik terhadap sesamanya.

kicaupetzone.com

2). Menghargai Rasa Persahabatan
Anjing adalah hewan yang senang bersosialisasi. Saat manusia bersikap baik dan lembut, maka anjingpun dapat menghargai dan mampu menjaga kesetiaannya. Ini mengajarkan bagaimana rasanya memiliki seorang teman dekat.
Dan hal ini bisa membantu anak-anak untuk mengerti nilai dari membentuk dan menjaga persahabatan yang sesungguhnya.

3). Percaya Diri dan Memimpin Kelompok
Ketika anak-anak mulai tumbuh besar, ia dapat mulai belajar untuk menyampaikan perintah kepada anjing atau anak anjing, seperti menyuruh duduk, berdiri, diam, dan sebagainya.
Jika perintah disampaikan dengan baik dan benar, maka anjing bisa mengerti dan melakukan yang diperintahkan si anak.
Karena pada dasarnya, anjing hanya mau menuruti perintah yang baik, tegas, namun tidak kasar. Hal ini dapat membantu anak sejak dini untuk bisa memahami bahwa untuk memimpin kelompok atau supaya perkataannya bisa berpengaruh terhadap orang lain, bukanlah dengan sikap semena-mena, namun dengan perilaku yang baik, tegas, disiplin, dan bijaksana.

Baca juga : Cara Menghindari Gigitan Anjing

4). Menghargai Privacy
Cara yang baik untuk mengajarkan anak menghargai privacy orang lain, adalah dengan melalui anjing peliharaan keluarga.
Saat anak merebut mainan dari anjing, katakan bahwa hal itu tidak boleh dilakukan. Karena anjing bisa saja marah atau menggeram. Atau saat anak-anak berusaha mendekatkan wajahnya di dekat anjing, Anda bisa mengatakan bahwa itu tidak boleh dilakukan, karena anjing bisa marah jika sedang tidak ingin bermain. 

Hal ini bisa membantu sang anak untuk menghargai milik orang lain, dan tidak bertindak ceroboh, terutama saat anak berada di luar rumah dan bertemu dengan anjing lain.

5). Perasaan Aman
Anjing keluarga yang sudah lama dipelihara akan merasa menjadi bagian dari keluarga, dan naluri seekor anjing siap melindungi setiap anggota keluarga dari orang-orang asing yang mencoba mendekat. Anjing tidak hanya mampu menjadi teman bermain bagi anak-anak, tapi juga sebagai teman penjaga.
Pada kenyataanya, sungguh menakjubkan bahwa anjing paling jinakpun akan bereaksi ketika manusia itu dalam bahaya. Ini memberi rasa aman untuk anak-anak.

6). Memupuk Rasa Tanggung Jawab
Saat anak-anak mulai tumbuh besar, mereka bisa mulai diberikan jadwal bertugas, kapan dan jam berapa harus memberi makan anjing, membereskan mainan, dan sebagainya.
Tanamkan pada anak, bahwa anjing adalah makhluk hidup, dan juga bagian dari keluarga yang harus diperhatikan dan diberi makan, jika tidak, anjing akan mati dan anak-anak akan kehilangan teman bermain. 
Hal ini bisa membantu anak menumbuhkan rasa tanggung-jawab, perhatian, dan memupuk rasa kasih sayang terhadap anggota keluarga.

Tentunya masih banyak hal lain yang bisa dipelajari dari seekor anjing keluarga. Pada dasarnya, manusia dan anjing bisa menjadi teman yang baik dan sahabat yang saling membutuhkan. Diluar itu semua, anak-anak pun bisa lebih menghargai hewan disekitarnya, dan anjing keluarga yang sudah jinak bisa membuat anak mengerti arti sebuah persahabatan.


Share this

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Mei 02, 2016 12:41 AM delete

betul sekali tulisan ini, dalam Islam sendiri ada istilah kalbun mu'allam, yakni anjing yang memiliki kedekatan dengan majikan dan sudah dilatih. bahkan ada pula anjing yang masuk surga, yaitu anjingnya ashabul kahfi

Reply
avatar
Mei 02, 2016 10:22 PM delete

Betul mas Abdurrohim, sangat menyenangkan kalau semua makhluk bisa hidup berdampingan. Terima kasih sudah mampir kesini, salam sukses

Reply
avatar

Pertanyaan dan komentar Anda akan segera muncul setelah ditinjau, dan akan segera kami balas. Terima kasih. EmoticonEmoticon