5 Cara Mengatasi Bulu Rontok Pada Anjing

Semua anjing pasti mengalami kerontokan bulu (shedding), meskipun ada anjing yang kerontokan bulunya sedikit, dibanding anjing jenis lain atau disebut Hypoallergenic. Cara mengatasi bulu rontok pada anjing ini sebenarnya sangat mudah, hanya butuh kesabaran dan ketelatenan dari pemiliknya.


Bulu anjing yang rontok tentu akan membuat pekerjaan yang tak ada habisnya bagi pemilik anjing. Dengan cara mengurangi kerontokan bulu pada anjing, akan mengurangi juga jumlah waktu Anda dalam membersihkan rumah dari bulu-bulu tersebut.

Grooming yang tepat, nutrisi yang sesuai, menghilangkan segala bentuk penyakit yang menjadi penyebab bulu rontok, dan juga mandi sesekali bisa mengurangi bulu pada anjing. 

Dan berikut ini ada 5 langkah yang bisa dilakukan agar anjing Anda tidak mengalami kerontokan bulu yang parah.

1. Menyisir 
Sikat atau sisir bulu anjing Anda setiap hari. Gunakan sisir yang sesuai untuk jenis anjing Anda. Misalnya bulu sisir rapat (Finetooth comb) mungkin tidak akan berpengaruh pada anjing jenis Pomeranian, tapi berfungsi dengan baik pada anjing jenis Chihuahua

Anjing yang memiliki undercoat seperti Collie, akan lebih banyak rontok dibandingkan dengan jenis yang tidak memiliki undercoat seperti jenis Poodle. Demikian juga untuk anjing jenis bulu panjang, seperti Shihtzu, Yorkshire, dan jenis bulu panjang lainnya, mungkin tidak terlalu terlihat kerontokan bulunya. Padahal bulu yang rontok tersebut biasanya tidak langsung bisa jatuh karena saling terkait dengan bulu lainnya yang tidak rontok, sehingga penting untuk menyisir mereka setiap hari dan mengambil bulu-bulu yang rontok, supaya tidak menumpuk di badan.

5 Cara Mengatasi Bulu Rontok Pada Anjing

2. Mandi
Mandikan anjing 1-2 minggu sekali. Bilas dan keringkan dengan benar dan sampai kulit dan bulu benar-benar kering. Jika sampai tidak kering, bisa berakibat munculnya penyakit kulit seperti jamur, yang juga bisa menjadi pencetus bulu rontok. 

Sebelum memandikan, sebaiknya anjing disisir terlebih dahulu untuk mengurangi gumpalan bulu rontok yang mungkin tidak jatuh namun menggumpal di antara bulu lainnya. Setelah mandi, mengeringkan, dan sisir kembali bulu anjing. Memandikan anjing Anda akan menghilangkan bulu-bulu mati dari tubuhnya, sehingga mengurangi jumlah bulu rontok.

3. Makanan Bernutrisi
Sebaiknya anjing diberikan makanan khusus anjing (dog food) yang banyak dijual di Pet Shop dengan berbagai macam jenis dan rasa, dan sesuaikan untuk jenis anjing Anda, apakah jenis anjing kecil atau besar, berbulu pendek atau panjang, atau mungkin masih tergolong Puppy (anak anjing) yang membutuhkan makanan khusus dengan ukuran dan nutrisi khusus untuk anak anjing.

Memberi pola makanan yang seimbang (balanced diet) untuk anjing, merupakah langkah tepat untuk mengatasi kerontokan bulu. Hindari memberi makanan yang biasa dimakan oleh manusia, sebab kandungan bumbu seperti garam, penyedap rasa, serta bumbu lainnya akan menjadi pemicu utama kerontokan pada bulu anjing.

Kondisi bulu anjing bisa menjadi indikator kesehatan anjing Anda. Jadi pilihlah makanan yang berkualitas dan mengandung nutrisi yang baik untuk anjing Anda.

4. Memeriksakan ke Dokter Hewan
Apabila anjing mengalami kerontokan bulu yang tidak biasa, atau sering menggaruk di bagian tubuh tertentu, maka periksakan anjing ke dokter hewan. Mungkin anjing mengalami gangguan alergi, atau sensitif terhadap makanan tertentu. Jamur, parasit, dan penyakit tertentu juga bisa menjadi penyebab bulu rontok atau bahkan kebotakan di bagian tertentu tubuh anjing. Segera obati jika anjing mengalami penyakit atau gangguan lain yang menyebabkan bulunya rontok.

5 Cara Mengatasi Bulu Rontok Pada Anjing
Bulu rontok/ kebotakan akibat jamur

5. Bawa ke Tempat Grooming Profesional
Beberapa jenis anjing mungkin membutuhkan perawatan grooming yang lebih maksimal karena jenis bulunya yang tergolong sulit untuk dirawat. Jenis anjing seperti Maltese, Old english Sheepdog, Shihtzu, Poodle, Yorkshire, adalah jenis yang membutuhkan perawatan yang lebih sulit untuk menjaga kesehatan bulunya. 

Datang ke salon grooming bisa dilakukan 2 minggu sekali, atau bisa juga 1 kali dalam dua bulan, tergantung kebutuhan anjing Anda. Dengan bantuan tenaga profesional  grooming bisa mengurangi kerontokan bulu anjing.

Baca juga : Dampak Positif Memiliki Anjing Bagi Anak-anak

Sebagai Catatan :
Tidak ada cara untuk bisa benar-benar menghentikan kerontokan bulu pada anjing. Karena merontokkan bulu adalah proses kesehatan yang perlu dilakukan bagi semua anjing. Dan ada masanya dimana anjing akan merontokkan bulunya, misalnya pada masa transisi dimana anak anjing yang sedang menjalani pertumbuhan menuju dewasa, saat musim panas atau cuaca yang sedang panas, juga pengaruh hormon pada anjing betina.

Baca juga : Cara Merawat Anak Anjing Yang Baru Lahir

Memangkas bulu anjing juga bukan ide yang tepat, karena akan mengganggu mekanisme tubuh anjing yang secara alami adalah bentuk proses mendinginkan tubuh atau menghangatkan tubuh. Bulu berfungsi untuk melindungi anjing dari panas matahari (sunburn), suhu dingin dan juga gigitan serangga.

Dalam jangka panjang, memangkas bulu anjing juga tidak akan membuat kerontokan bulu menjadi berkurang. Kunci untuk mencegah kerontokan bulu yang berlebihan pada anjing adalah dengan melakukan tips-tips seperti tertulis diatas, dan tentunya dilakukan secara rutin.

Share this

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Pertanyaan dan komentar Anda akan segera muncul setelah ditinjau, dan akan segera kami balas. Terima kasih. EmoticonEmoticon