Jasa Pet Grooming, Peluang Usaha Yang Menguntungkan

Mungkin banyak orang menyangka, bahwa pekerjaan penyedia jasa pet grooming adalah pekerjaan yang tidak terlalu tenar seperti bisnis lainnya. Tetapi siapa sangka, jika jasa pet grooming ternyata bisa menjadi pekerjaan dan bisnis yang menguntungkan.

Jika Anda masuk ke toko perlengkapan hewan (pet shop), Anda akan melihat segala barang-barang kebutuhan hewan, seperti perlengkapan anjing atau kucing, yang dijual dengan harga mahal, bahkan lebih mahal dari perlengkapan manusia (menurut saya).

Karena sayapun juga memiliki hewan peliharaan, dan saya sering mengunjungi area perbelanjaan yang menyediakan perlengkapan hewan. Saya selalu geleng-geleng kepala melihat harga-harga yang tercantum disetiap barang. 

Untuk tempat makan hewan yang berbahan plastik saja, bisa dibandrol dengan harga 40 ribu rupiah, sedangkan yang berbahan stainless bisa mencapai 75 hingga 100 ribu-an. Tidak hanya itu, untuk tas (pet bag) seharga diatas 200-300ribu. Yang lebih mencengangkan, untuk aksesoris hewan seperti baju (cat/dog fashion) yang tergolong kecil-kecil bisa mencapai harga 65-150 ribu! Itupun yang tergolong masih 'biasa', belum lagi yang model 'wah'. 

Dan untuk perlengkapan mandi, seperti shampoo ada yang dijual seharga 90 ribu, serta harga sisir untuk hewan saja bisa dijual 30-50 ribu (wah..wah...padahal harga sisir rambut dan shampoo yang saya pakai pun tidak semahal itu).

Yah, begitulah.. ternyata bagi para pecinta hewan hal itu tidak menjadi masalah. Karena memiliki hewan peliharaan adalah sebagian dari hobby, dan bersedia mengeluarkan biaya berapapun untuk mendukung hobby mereka. Selain itu, mereka menganggap bahwa hewan peliharaan tersebut sudah menjadi bagian dari keluarga. Jadi pantas saja jika kebutuhan para hewan ini hampir sama dengan pemiliknya.

Jasa Pet Grooming, Peluang Bisnis Yang Menguntungkan

Mengapa Jasa Grooming ini saya katakan bisnis yang menguntungkan?

Seperti cerita saya diatas, pemilik hewan akan melakukan apapun dan membayar berapapun untuk kebutuhan hewan kesayangannya. Dan mandi juga merupakan kebutuhan hewan yang sangat penting, agar hewan-hewan ini tetap bersih dan sehat.

Untuk pet grooming ini meliputi : mandi, merapikan/memotong bulu, potong kuku, membersihkan gigi dan telinga, sampai hewan terlihat bersih, rapi dan harum. 

Untuk biaya grooming inipun tak kalah mahal, tergantung jenis hewan (anjing atau kucing), jenis besar atau kecil, berbulu pendek atau berbulu panjang.
Dari harga terendah antara 40-60 ribu hingga bisa mencapai 500 ribu (per ekor) untuk satu kali grooming. Terlebih jika hewan akan mengikuti ajang lomba atau show, biaya mandi dan grooming berkisar antara 200-700 ribu!
Fantastis bukan?

Jika Anda ingin terjun ke dunia jasa grooming, Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak, atau tempat khusus. Karena jasa grooming yang banyak diminati saat ini adalah sistem visit atau kunjungan. Anda hanya menyediakan waktu untuk mendatangi pelanggan Anda.

Jika Anda sudah memiliki banyak pelanggan yang rutin membutuhkan jasa grooming Anda, tentu Anda tidak perlu menunggu mereka menghubungi Anda. Justru Andalah yang bakal kewalahan mengatur jadwal untuk mereka.

Umumnya, hewan peliharaan ini membutuhkan mandi minimal 1-2 minggu sekali. Bagaimana jika si pelanggan memiliki hewan tidak hanya satu, tapi 3, 5, 20 atau bahkan lebih? Dan jika Anda telah memiliki sekitar 20 pelanggan saja, Anda pasti sudah membutuhkan tenaga tambahan (karyawan).

Nah, mari kita berhitung sejenak..

Untuk biaya grooming saya ambil harga umum, yaitu 50 ribu. Dan waktu untuk grooming sekitar 30-45 menit untuk 1 hewan, jadi dalam satu hari Anda bisa mengerjakan grooming maksimal 10 ekor, karena sisa waktu untuk makan siang dan perjalanan ke tempat pelanggan.


* Biaya grooming 50.000 x 10 (ekor) = 500.000 /hari
* 500.000 x 26 hari = 13.000.000 (libur 4 hari dalam 1 bulan).

Jadi, dalam satu hari Anda sudah bisa mengantongi uang 500.000, dengan hanya mengeluarkan biaya shampoo beberapa tetes. Karena untuk pengeluaran air dan listrik, tentunya sudah ditanggung oleh pemilik rumah (pemilik hewan).

Dalam satu bulan, Anda bisa mendapatkan 13 juta. Ini realita, bukan mimpi!

Saya akan bercerita sedikit mengenai pengalaman saya, tapi sebagai pelanggan jasa grooming.

Dalam satu kali kunjungan, saya selalu memandikan 5 ekor anjing, terkadang bisa 6 ekor jika ada anjing lain titipan sodara. Terkadang, saat saya menghubungi si Mas jasa grooming langganan saya, tidak semudah saya langsung bisa dikunjungi, dan akan ada hari dimana nanti saya baru dijadwal untuk dikunjungi.

Alasannya, karena sudah ada beberapa pelanggannya yang memiliki 20 hingga 30 ekor anjing yang juga sudah menunggu untuk dikunjungi, dan ini sudah jadwal rutin!
Terkadang, para puppies saya ini saya grooming sendiri, karena jadwal yang sudah penuh.

Hmm..., saya mengenal si Mas ini sudah sejak awal ia merintis jasa grooming seorang diri. Dan sekarang ia sudah memiliki beberapa anggota pekerja yang membantunya melayani pelanggan yang mulai bertambah banyak. Itupun masih kewalahan. 

Anda ingin mencoba usaha jasa grooming? Ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan.

Jasa Pet Grooming, Peluang Bisnis Yang Menguntungkan

Beberapa alat yang dibutuhkan untuk memulai jasa grooming.

1. Kompressor mini dan alat blower khusus untuk mengeringkan bulu.
2. Shampoo dan conditioner untuk anjing/kucing.
3. Lap pengering (synthetic cloth) atau sering menyebutnya kanebo (tapi itu nama merk ya gan..), dan kapas untuk menutup telinga anjing/kucing saat mandi.
4. Sisir untuk menyikat, mengambil bulu yang rontok, dan sisir untuk merapikan.
5. Gunting dan clipper untuk memotong bulu.
6. Gunting kuku khusus untuk anjing/kucing.
7. Sikat gigi.
8. Parfum anjing/kucing.
9. Karet rambut kecil (untuk merapikan anjing bulu panjang).
10. Masker (untuk perlengkapan Anda saat melakukan grooming).

Kisaran modal awal bisa bervariasi. Untuk alat blower atau pengering berkisar antara 1-2 juta rupiah. Untuk peralatan lainnya, silahkan Anda pilih sendiri mau harga yang murah atau mahal.

Melakukan pekerjaan grooming memang tidak semudah yang dibayangkan, terutama jika Anda masih belum terbiasa.

Syarat utama Anda bisa memiliki usaha jasa grooming

1. Pecinta hewan.
Anda harus benar-benar memiliki kecintaan terhadap hewan. Karena para pemilik hewan ini tentunya menyayangi dan memperlakukan peliharaannya dengan baik setiap harinya. Jika Anda berbuat kasar sedikit saja, pasti ini tidak akan disukai, dan pelanggan Anda bisa berhenti berlangganan jasa kepada Anda.

2. Siap menghadapi resiko.
Anda harus siap terhadap kemungkinan resiko yang dapat terjadi. Misalnya, mendapat luka karena tergigit oleh anjing atau terkena cakaran kucing. Ini sudah menjadi hal yang biasa untuk para groomer. Tapi, jika Anda memperlakukan mereka dengan lembut, dan Anda sudah mengenal mereka, tentunya hewan-hewan ini tidak akan menggigit Anda. Dan Anda tidak perlu khawatir, karena hewan peliharaan rumahan ini biasanya sudah jinak dan kemungkinan menggigit sangat kecil. Intinya, adalah saling percaya antara Anda dan si hewan.

Baca juga : Cara Menghindari Gigitan Anjing

3. Konsisten dan menyukai pekerjaan. 
Anda tentunya harus konsisten terhadap pekerjaan Anda. Memutuskan dan memantapkan diri bahwa Anda siap dengan pekerjaan ini. Apalagi jika pelanggan Anda sudah banyak dan Anda harus benar-benar konsisten dengan jadwal yang Anda buat untuk mereka.

4. Jadikan pekerjaan sebagai hobby.
Jika Anda memang salah satu penyayang hewan, tentu akan mudah melakukan pekerjaan sebagai jasa grooming ini. Karena Andapun akan ringan menjalaninya, dan bisa menjadikan pekerjaan ini sebagai hobby. Disisi lain, Anda akan banyak mengenal hewan-hewan dengan berbagai macam karakter, dan anggaplah mereka tidak hanya sebagai customer, tapi sekelompok teman yang dengan senang hati akan Anda kunjungi. 
Tidak hanya Anda, para hewan yang sering Anda kunjungi ini juga akan mencintai Anda dan akan senang saat Anda kunjungi. Sehingga acara mandipun menjadi acara yang menyenangkan bagi mereka dan Anda.

5. Belajar dengan yang sudah berpengalaman
Jika Anda sama sekali belum pernah merawat hewan peliharaan seperti anjing atau kucing, tentu akan sulit menjalani profesi sebagai groomer. Anda harus banyak belajar lebih dulu dengan mereka yang sudah berpengalaman, misalnya ikut bergabung dengan para groomer lain yang memiliki team. Jika Anda sudah memahami cara-cara dalam grooming yang benar dan bagus, Anda baru bisa berjalan sendiri atau tetap membentuk team khusus. 

Cara mempromosikan bisnis grooming Anda

Jika Anda sudah benar-benar siap dan mantap dalam memulai jasa grooming, ada banyak cara dalam mempromosikan usaha Anda ini. Misalnya :

- Pasang pengumuman atau banner di media sosial atau buat fan page untuk bisnis Anda. Dan jaring teman sebanyak-banyaknya.

- Buat dan bagikan brosur ke tempat-tempat seperti pet shop atau bisa ke kompleks perumahan yang kemungkinan banyak memiliki hewan peliharaan.

- Jangan lupa cantumkan nama pet grooming Anda dan juga kontak/ nomor telepon Anda. 

- Saat Anda memiliki pelanggan awal, berikan hasil grooming yang memuaskan. Karena biasanya pelanggan yang puas akan memberitahu sodara atau teman lainnya yang juga membutuhkan jasa grooming, dan bisa menjadi ajang promosi untuk  usaha Anda.

Nah, siapa tahu saat usaha Anda ini sudah mulai meningkat, Anda bisa mendirikan tempat khusus untuk grooming, atau penyedia perlengkapan hewan seperti pet shop, hingga melayani penitipan hewan yang juga tak kalah menguntungkan.


Share this

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Pertanyaan dan komentar Anda akan segera muncul setelah ditinjau, dan akan segera kami balas. Terima kasih. EmoticonEmoticon