Penyebab Kenari Rontok Bulu Terus Menerus

Kenari yang sedang mengalami ganti bulu harus dirawat dengan benar dan penuh kesabaran. Karena proses sempurnanya pertumbuhan bulu pada kenari terkadang di luar perkiraan.

Masa Ganti Bulu - Secara alami, Kenari akan mengalami ganti bulu (moulting) setiap tahun. Kenari mulai berganti bulu secara keseluruhan setelah berumur lebih dari 1 tahun. Pada burung-burung muda, proses ganti bulunya tidak terlalu kelihatan karena yang rontok adalah bulu-bulu halus yang saat rontok langsung beterbangan terbawa angin dari sangkarnya.

Jika proses ganti bulu berjalan baik, bulu-bulu kenari akan tumbuh sempurna sekitar 6 minggu mulai dari rontoknya bulu yang sudah tua. Biasanya bulu-bulu halus akan rontok lebih dulu, baru bulu sayap, bulu ekor, dan diakhiri dengan bulu bagian leher dan kepalanya.

Penyebab Kenari Rontok Bulu Terus Menerus

Penyebab Rontok Bulu Pada Kenari

1. Faktor perawatan 
Selain faktor masa usia, cuaca, faktor lingkungan dan perawatan yang kurang baik juga dapat menyebabkan kenari rontok bulunya. Sebenarnya hal yang demikian bisa dihindarkan dan harus diupayakan jangan sampai terjadi, karena bisa berakibat hal yang merugikan.

Kenari yang sudah masanya rontok bulu ditandai dengan kusamnya warna bulu. Selain itu bulunya agak pecah, kusut, mengecil, dan terkadang ada pengeroposan di bagian pinggir bulu.

Kadangkala bulu kenari rontok secara terus-menerus atau berkelanjutan di luar musim ganti bulu. Jika hal ini terus terjadi dan dibiarkan, kenari akan mogok berkicau.

Lakukan perawatan kenari dengan sebaik-baiknya. Perhatikan pakan yang sehat, sangkar terjaga bersih, mandi dan penjemuran yang teratur. Dan jangan sampai membiarkan kenari dalam keadaan stres.

2. Faktor penerangan dan lampu
Gangguan lingkungan yang berlebihan, terus-menerus terjadi dan tidak ditangani dengan baik bisa menjadi salah satu penyebab rontok. Begitu juga dengan penerangan lampu di malam hari yang membuatnya seperti siang dan terus beraktivitas seolah-olah hari masih siang. 

Jadi, usahakan memberikan waktu untuk kenari beristirahat di malam hari, dengan tidak memberikan penerangan yang berlebihan. Dan sebaiknya kandang kenari mulai dikerodong saat mulai malam dan tidak ditempatkan pada ruangan yang lampunya terus menerus menyala.

3. Parasit atau Kutu
Penyebab lain yang bisa membuat bulu kenari rontok adanya gangguan parasit seperti kutu bulu yang umumnya berada di permukaan kulit dan pangkal bulu. Rontoknya bulu akibat gangguan parasit dapat dilihat dari rusaknya pangkal bulu, seperti pengeroposan dan tidak jarang menyebabkan burung kenari mencabuti bulunya sendiri.

Kenari yang sedang menjalani ganti bulu perlu diberi tempat yang tenang dan pakan bergizi tinggi. Kenari yang rontok bulunya akibat gangguan parasit harus dipisahkan dari kenari lain dan sangkarnya dicuci bersih, dan sebisa mungkin disemprot dengan desinfektan untuk memusnahkan parasit pengganggu. 

Memandikan dan menjemur kenari secara teratur setiap hari akan membantu upaya mengusir parasit yang menghuni sangkar, mempercepat rontoknya bulu-bulu yang sudah tua, dan memperlancar proses pertumbuhan bulu-bulu baru.

Share this

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Pertanyaan dan komentar Anda akan segera muncul setelah ditinjau, dan akan segera kami balas. Terima kasih. EmoticonEmoticon