Mengenal Lovebird Si Burung Cinta

Lovebird mulai dikenal di Negara-negara Eropa, seperti Belanda, Jerman, Spanyol, Inggris, Belgia, Yunani, Italia dan Perancis. 

Namun, Love bird ini sebenarnya berasal dari Afrika, yang kemudian diperkenalkan melalui negara-negara Eropa sampai ke Asia, termasuk Indonesia.


Mengapa dinamakan Lovebird ?



Sesuai dengan namanya yang berarti cinta, burung jenis ini mempunyai sifat yang unik. Karena lovebird yang sudah menemukan jodohnya, akan selalu setia dan seperti tidak ingin dipisahkan satu sama lain.
Untuk penjodohan lovebird juga biasanya akan memakan waktu lama. Jadi akan lebih baik saat usia masih muda, lovebird mulai dimasukkan dalam penangkaran atau tempat yang luas dengan beberapa pasang lainnya. Disini, lovebird akan mulai mencari jodohnya masing-masing.

Lovebird

Burung Yang Cantik, secantik namanya.

Pada mulanya, saat mereka hidup di alam bebas, lovebird memiliki warna bulu dengan dominasi gelap, seperti hitam, abu-abu, dan hijau. Namun, karena bentuknya yang memikat, kemudian lovebird dibudidayakan dan mulai dikawin-silangkan. Mulailah muncul warna-warna baru seperti yang ada sekarang ini. Hasil persilangan ini, memunculkan warna-warna terang, seperti kuning, orange, putih kebiruan, dan merah.
Warna-warna cantik yang beragam inilah yang kemudian menjadi incaran para kicau mania.


Karakter Lovebird



Sifat dan karakter love bird hampir sama dengan burung-burung berparuh bengkok lainnya. 
Meski dijuluki "Si burung cinta", jangan dikira lovebird mempunyai karakter yang lembut. Sifat kasar akan muncul terutama saat disatukan dengan lovebird lain yang tidak ia kenal, dalam satu sangkar.
Jika memelihara lovebird yang didapat dari alam, tentunya akan sangat susah untuk beradaptasi. Apabila ingin memeliharan lovebird, ambillah dari hasil penangkaran, karena mudah untuk dipelihara dan beradaptasi.

Selain setia kepada pasangannya, Lovebird juga termasuk jenis burung yang suka mengasuh anak-anaknya. Saat di alam bebas di Afrika tempat asalnya, burung ini akan membuat lubang di pohon untuk hidup dan bertelur, serta melindungi anak-anaknya dari burung pemangsa lain.

Burung Cinta Yang suka Bersolek

Burung berparuh bengkok yang satu ini memiliki daya tarik dan keindahan yang luar biasa. Tak heran jika penggemarnya semakin bertambah. Burung ini juga mempunyai kebiasaan bersolek. Dilihat dari sifatnya yang suka merapikan bulu-bulunya, sehingga tampak selalu rapi dan bersih.



Kerabat Lovebird

Ada beberapa macam kerabat dekat Lovebird yang sudah banyak diperjual belikan di pasaran dengan jumlah dan jenisnya yang cukup banyak. Diantaranya, macau, parkit palk, parkit biasa, parkit bon, rosela dan paradise. Kerabat-kerabat lovebird ini juga memiliki daya tarik pada warna bulu, ekor yang panjang, dan perilakunya yang unik.  
Sedangkan kerabat dekat lovebird yang ada di Indonesia bisa mencapai 85 jenis, diantaranya kakatua, nuri, kesturi, bayan, serindet, yang juga memiliki daya tarik pada warna bulu, penampilan fisik dan perilakunya yang unik.

Demikian sedikit ulasan mengenai Lovebird.

Share this

Artikel Terkait

First

Pertanyaan dan komentar Anda akan segera muncul setelah ditinjau, dan akan segera kami balas. Terima kasih. EmoticonEmoticon