Memilih Dan Menyiapkan Sangkar Yang Benar Untuk Lovebird

Masih membahas mengenai burung cantik yang satu ini, yaitu Lovebird.
Bagi Anda yang baru saja memiliki atau membeli Lovebird, tentu tidak lepas dari yang namanya kebutuhan sangkar. 

Sangkar Lovebird memang berbeda dari burung-burung jenis lain. Pada umumnya sangkar Lovebird terbuat dari bahan besi, karena burung ini memiliki paruh yang kuat dan bengkok, serta kebiasaannya menggigit segala yang ada di sekitarnya, maka untuk sangkar haruslah yang berbahan besi.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih dan menyiapkan sangkar untuk Lovebird kesayangan kita ini.

kicaupetzone.com

Sangkar Bulat

Sangkar ini banyak dijual di toko pakan dan perlengkapan burung. Berbahan besi, dan biasanya tersedia dalam berbagai warna. 
Kelebihan sangkar bentuk bulat ini adalah bisa dibawa kemana-mana, dipakai untuk sarana kontes atau lomba, dan perlengkapan aksesorisnya yang cukup menarik dan beragam.
Namun, sangkar bulat memiliki kekurangan. 
Menurut beberapa ahli burung, sangkar yang berbentuk bulat sebenarnya kurang sesuai untuk memelihara burung. Karena seperti halnya manusia, orientasi penglihatan burung juga tergantung sepenuhnya pada garis batas yang dilihat oleh mata. Pada sangkar bulat, kemanapun burung memutar dan memandang, terdapat garis batas melingkar. Hal ini sangat membatasi ruang gerak burung, dan menjadi terasa sempit.

kicaupetzone.com
Sangkar Lovebird bulat

Sangkar Persegi

Sangkar persegi yang diperuntukkan untuk Lovebird, juga berbahan besi. Biasanya sangkar jenis ini lebih sering digunakan untuk penangkaran atau persiapan produksi. 
Sangkar dengan bentuk persegi sebenarnya lebih ideal untuk memelihara burung, dibanding sangkar yang berbentuk bulat. Karena garis batas persegi lebih memungkinkan burung untuk leluasa bergerak dan memandang. 
Hanya saja, sangkar persegi kurang efektif untuk dibawa bepergian maupun acara lomba.

Jika kita memperhatikan dengan baik, aktivitas Lovebird cukup tinggi dalam sangkarnya. Oleh karena itu, dibutuhkan tempat yang nyaman untuk dihuni, supaya burung bisa tetap aktif dan nyaman. Dengan demikian burung cinta inipun akan selalu rajin berkicau.

kicaupetzone.com
Sangkar Lovebird persegi

Memilih Tenggeran

Saat kita membeli sangkar, baik bulat maupun persegi, biasanya sudah dilengkapi dengan tenggeran yang terbuat dari plastik. 
Tenggeran plastik memang cukup kuat dan tahan terhadap gigitan Lovebird. Akan tetapi sebenarnya kurang efektif.

Tenggeran kayu lebih baik dari yang berbahan plastik, dan baik untuk segala jenis burung. Ini dikarenakan melihat kehidupan mereka yang seharusnya di alam dan pepohonan.
Maka, tenggeran kayu lebih disarankan, karena akan membuat burung lebih nyaman seperti berpijak di pohon. 
Tenggeran kayu yang baik adalah dari cabang pohon asam, pohon jambu air atau jambu batu, dan cabang jenis lainnya. Sebelum digunakan, sebaiknya cabang dukupas kulitnya terlebih dahulu, karena bagian dalam batang kayu lebih lunak dan mampu membuat burung nyaman bertengger.
Pilih ukuran yang sesuai untuk kaki burung, dan bisa dikira-kira berpatokan pada kaki depannya.
Namun, untuk tenggeran Lovebird, batang kayu memang kurang tahan lama, karena Lovebird mempunyai kebiasaan menggigit. Jadi dibutuhkan kesabaran pemilik untuk mengganti tenggeran secara berkala.  

kicaupetzone.com
Tenggeran

Penutup Sangkar (Kerodong)

Kain penutup atau lebih sering disebut kerodong, ini tak kalah penting untuk kelengkapan memelihara Lovebird. Khususnya jika Lovebird sedang dipersiapkan untuk menjadi burung kontes.
Penutup sangkar ini bisa membuat burung lebih tenang setelah menjalani perawatan dan cukup untuk bisa beristirahat.
Selain itu, fungsi kain penutup ini juga bisa meredam keinginan bersuara agar tidak berkicau sebelum dan saat dipersiapkan untuk kontes atau lomba. Jadi, ketika penutup dibuka, diharapkan Lovebird akan menggacorkan suara terbaiknya saat kontes.

kicaupetzone.com
Penutup sangkar (kain kerodong)

Siapkan kain penutup ini 2 buah, tebal dan tipis. Kain yang berbahan tipis untuk menutup sangkar sehari-hari. Sedangkan bahan tebal, untuk lapisan luar ketika burung akan mengikuti kontes atau lomba, atau saat akan dibawa dalam perjalanan ke tempat lomba yang agak jauh, supaya burung menjadi tenang saat dalam perjalanan.
Tetapi jika untuk perawatan sehari-hari, cukup menggunakan penutup yang berbahan tipis.

Demikian ulasan dan tips mempersiapkan tempat yang nyaman dan cocok untuk Lovebird. 


Share this

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Pertanyaan dan komentar Anda akan segera muncul setelah ditinjau, dan akan segera kami balas. Terima kasih. EmoticonEmoticon