Cara Pemberian Pakan dan Perawatan Lovebird Yang Baik Dan Benar

Memelihara burung atau hewan peliharaan lain tentunya juga harus memperhatikan dalam pemberian pakan. Tidak sekedar memberi makan saja, namun hewan atau burungpun juga membutuhkan perhatian dalam asupan nutrisi.

Pemberian nutrisi yang cukup pada burung juga sangat penting untuk menopang hidupnya agar tetap sehat, panjang umur dan bisa beraktivitas sepanjang hari. Menurut penelitian beberapa ahli, burung yang aktif lebih banyak membutuhkan energi dibanding dengan burung yang pasif.
Untuk burung ocehan, kebutuhan pakannya dihitung sebesar 10-30% dari berat badannya.

Jenis pakan terutama untuk Lovebird ini sangat penting untuk mengutamakan kualitas nutrisinya. Khususnya bagi para Breeder yang ingin membudidayakan Lovebird. Seperti yang telah dilakukan oleh para Breeder di Eropa, kunci sukses untuk menghasilkan Lovebird berbulu cerah, kombinasi warna-warna yang menarik, berbadan bongsor, dan volume suara yang besar dan keras, adalah terletak pada kualitas pakan. Meskipun ini juga tidak menutup kemungkinan dilakukannya percobaan kawin silang beberapa kali. Namun, mereka tetap menganggap bahwa kualitas nutrisi sangat penting.

kicaupetzone.com
Biji-bijian untuk pakan Lovebird
1). Kebutuhan Protein 
Protein merupakan zat yang sangat penting sebagai penopang sumber energi, serta berguna untuk membantu memperbaiki jaringan yang rusak seiring bertambahnya usia. Protein sangat penting dalam pembentukan telur, pertunasan bulu-bulu baru atau saat pergantian bulu, pada masa kawin, juga pada anakan yang baru saja menetas agar bisa tumbuh normal dan cepat besar.

2) Kebutuhan Karbohidrat
Selain sumber energi, karbohidrat juga dibutuhkan untuk kelancaran metabolisme. Sehingga burung aktif bergerak dan berkicau.
Sumber karbohidrat alami yang baik, seperti jagung muda dan sayur-sayuran.

3). Vitamin
Burung juga perlu diberikan vitamin tambahan, seperti vitamin A, B, C, D, E, dan K. Terutama untuk burung yang akan mengikuti kontes.
Namun, untuk Lovebird Si burung cinta ini, asupan vitamin bisa diberikan melalui makanan yang baik dan benar, termasuk pakan alami dari sayuran segar. Vitamin tambahan produksi pabrik, bisa diberikan hanya jika dibutuhkan saat burung dalam kondisi kurang fit akibat cuaca atau perjalanan jauh.   

Pakan untuk Lovebird

Ada beberapa jenis pakan biji-bijian untuk Love Bird :


1. Millet Putih dan Millet Merah
 Merupakan makanan utama Lovebird. Biji-bijian ini ada 2 jenis yaitu millet yang berwarna merah dan putih. Millet lokal umumnya berukuran kecil, tidak seperti millet import yang lebih besar

2. Canary Seed
Atau biji kenari ini berasal dari tanaman sebangsa rumput. Karena disukai oleh burung kenari, maka biji ini disebut canary seed. Bentuknya sedikit agak besar dari millet dan lonjong. Namun untuk komposisi pakan Lovebird biasanya hanya membutuhkan takaran yang sedikit.

3. Biji Sawi
Biji sawi juga umum digunakan dalam komposisi pakan Lovebird, dengan takaran lebih sedikit dibanding millet, dan hanya sebagai campuran saja. Biji ini berwarna hitam dengan bentuk bulat kecil-kecil, dan banyak dijual di toko pakan.

4. Biji bunga Matahari
Biji matahari mengandung karbohidrat, protein dan lemak. Sehingga sangat bagus diberikan untuk Lovebird yang akan kontes karena akan memberikan energi pada burung, sehingga burung rajin berkicau. Biji matahari juga bagus untuk lovebird yang siap diternak atau dalam masa penjodohan, karena akan membuat burung lebih bersemangat dan melancarkan proses produksi.

5. Juwawut
Jenis biji untuk pakan ini sebenarnya hanya sebatas untuk campuran saja. Juwawut berbentuk bulatan kecil, warna coklat kemerahan dan sangat cocok diberikan saat musim hujan, karena kandungan lemaknya yang cukup tinggi.

6. Makanan Tambahan
Untuk meningkatkan nutrisi alami Lovebird, sayuran seperti jagung muda, kangkung atau sayuran hijau lain dan buah-buahan juga sangat baik diberikan.

7. Air Minum
Jangan lupa untuk selalu menyediakan air minum bagi Si burung cinta ini. 

Memandikan dan Merawat Lovebird
Untuk merawat lovebird ini sangatlah mudah. Cukup rutin memandikan, dan biasanya dengan menggunakan spray atau alat semprot. Namun harus diingat, jangan sampai terkena mata, karena bisa menyebabkan mata menjadi sakit dan sulit untuk diobati.

kicaupetzone.com
Memandikan dan Menjemur Lovebird

Setelah dimandikan, jemur pada sinar matahari pagi akan lebih baik daripada sore hari.
Menjemur lovebird yang baik adalah pada pukul 07.00 sampai 10.00. Lewat dari waktu itu, sebaiknya dihindari. Sinar matahari pagi sangat baik untuk kebutuhan kalsium. Ini bermanfaat agar burung tidak mudah patah tulang, terutama kaki.
Untuk Lovebird anakan dan remaja, sebaiknya penjemuran dilakukan sekitar 20-30 menit saja. Sedangkan untuk dewasa bisa 1-2 jam.


Demikian ulasan mengenai perawatan dan pemberian pakan pada burung Lovebird.

Share this

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Pertanyaan dan komentar Anda akan segera muncul setelah ditinjau, dan akan segera kami balas. Terima kasih. EmoticonEmoticon