Keuntungan Memiliki Anjing Ras Asli

Memelihara hewan peliharaan tentunya akan memberikan kehangatan tersendiri dalam rumah. Hewan peliharaan memang bisa dijadikan teman dan sahabat manusia, seperti anjing, kucing, atau hewan-hewan lain pilihan Sang pemilik.

Seperti halnya memelihara anjing. Hewan yang satu ini layak dijadikan teman dalam kehidupan sehari-hari. Karena instinknya yang luar biasa, anjing bisa dijadikan sinyal saat ada orang asing atau orang yang akan bertindak jahat di dekat rumah. Anjing juga salah satu hewan yang memiliki rasa sosialisasi yang kuat, maka tak heran mereka akan memiliki rasa kedekatan, kesetiaan dan kepatuhan terhadap semua anggota keluarga.
Bahkan anjing yang telah dipelihara lama, akan memiliki naluri tanggung-jawab untuk memproteksi anggota keluarga dari orang-orang asing. Ini merupakan bagian dari insting seekor anjing.

Biasanya, orang mendapatkan hewan peliharaan seperti anjing ini melalui pemberian teman, saudara, membeli dari para Breeder, mengadopsi dari tempat-tempat penampungan, atau bahkan menemukan mereka saat berada di jalanan lalu timbul rasa ikatan bathin untuk memeliharanya.

Ya, memang ada banyak cara untuk mendapatkan hewan kesayangan ini.
Namun, banyak orang yang belum mengetahui mengenai keuntungan memiliki anjing ras.

kicaupetzone.com
Anjing ras jenis Shihtzu
Apa sih maksudnya anjing ras?

Nah, saya akan mencoba menjelaskannya disini. 
Anjing ras merupakan keturunan dari generasi ras yang dimiliki anjing tersebut. Dan di seluruh benua ini telah tersebar beberapa ras anjing, seperti English Bulldog, Golden Retriever, Rottweiler, German Shepherd (atau yang lebih dikenal dengan anjing herder), Pitbull, Kintamani, Siberian Husky, Chihuahua, Shihtzu, Maltese, Pomerian, Yorkshire, dan masih banyak lagi.

kicaupetzone.com
Jenis Siberian Husky dan Maltese
kicaupetzone.com
Jenis German Shepherd (Herder)
kicaupetzone.com
Jenis English Bulldog
Anjing-anjing ini memiliki keunikan tersendiri, karena mereka dilahirkan dari jenis Ras asli induk dan bapaknya, tanpa ada proses kawin campur dari jenis lain. Sehingga turun-temurun dari masa kemasa, anjing-anjing ini tetap memiliki ras asli dari keturunan nenek moyang mereka.

Biasanya, anjing ras ini telah dikembang biakkan dan dilestarikan oleh orang-orang yang telah terdaftar resmi sebagai seorang Breeder.

Ciri-ciri anjing ras

1. Memiliki surat silsilah atau sertifikat kelahiran dari induk sebelumnya. 
Biasanya di dalam surat silsilah telah tercantum nama-nama induk dan bapak dari 3 generasi sebelumnya. Setiap kelahiran anjing ras ini akan masuk daftar di dalam Perhimpunan khusus, yang kemudian akan mengeluarkan surat silsilah resmi untuk setiap anak anjing. Surat silsilah ini hanya akan dikeluarkan dan dicatat, apabila induk dan bapak si anjing juga telah terdaftar dalam perhimpunan dan memiliki surat silsilah.

Di Indonesia juga ada perhimpunan untuk para Breeder dalam melestarikan jenis-jenis anjing ras ini. Yaitu PERKIN (Perkumpulan Kinologi Indonesia), sebuah perhimpunan resmi untuk para Breeder dalam mendapatkan sertifikat kelahiran bagi anjing ras miliknya.
Kantor Perkin ini biasanya ada di setiap wilayah Ibukota di seluruh Indonesia. 

Jika Anda suatu saat membeli anjing ras dan bingung cara membaca surat silsilah anjing yang anda beli, Anda bisa membaca panduannya di artikel berikut :

Cara Membaca Surat Silsilah Anjing Ras

2. Memiliki tanda (kode) pengenal di fisik.
Tanda ini diberikan pada setiap anjing ras yang sudah terdaftar dalam perhimpunan, seperti Tatoo pada telinga kanan yang berupa nomor kode sesuai surat silsilah, atau bisa berupa Chip yang berisi tentang identitas pemilik resmi si anjing. Di negara-negara luar bahkan sudah lebih dulu menanamkan kode Chip ini untuk setiap anjing yang dipelihara, ini supaya mengantisipasi jika anjing tersebut hilang, maka akan dengan mudah bisa dikembalikan kepada pemilik aslinya.
Chip ini juga hanya bisa didapat dari Perhimpunan resmi, dan pemasangannya hanya dilakukan oleh dokter hewan yang telah ditunjuk.

3. Memiliki Buku Vaksinasi.
Anjing ras yang lahir dari para Breeder, sudah pasti telah aman dari berbagai macam penyakit yang biasanya dibawa oleh hewan peliharaan. Vaksinasi yang dilakukan, semua akan tercatat dalam buku vaksinasi yang ditulis langsung oleh dokter hewan yang melakukan vaksinasi. 
Jadi tidak perlu khawatir akan penyakit-penyakit yang bisa menginfeksi manusia, termasuk penyakit rabies yang ditakuti manusia, juga telah diatasi dengan pemberian vaksinasi.
kicaupetzone.com
Buku Vaksinasi

Bagaimana cara mendapatkan anjing ras?

1). Untuk mendapatkan anjing ras dalam negeri, bisa langsung menghubungi Breeder yang telah tercatat resmi di Kantor PERKIN. Teliti dahulu surat silsilah apakah sudah sesuai dengan umur, jenis ras yang tercantum di dalam surat, dengan kondisi si anjing yang sebenarnya.

Biasanya, di dalam surat silsilah akan tercantum nama Breeder resmi yang telah dicetak langsung dari Kantor PERKIN wilayah setempat.

Dan yang tak kalah penting, jika Anda berniat memiliki anjing ras ini, tanyakan surat/buku vaksinasi. Dan pastikan anjing telah divaksin sebelum dibawa pulang. Jika anjing sudah berumur setidaknya 4 bulan, biasanya sudah memiliki vaksinasi lengkap. 

2). Anjing ras ini juga bisa di dapat melalui cara mengimport dari negara luar. Anda bisa menanyakan hal ini di Kantor PERKIN untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, atau bisa menanyakan kepada para Breeder yang sudah berpengalaman. 

Biasanya biaya juga akan jauh lebih mahal karena harus melewati proses pengiriman dengan masa karantina beberapa hari. Namun, Anda bisa memiliki anjing-anjing import yang berkualitas dan sudah dilatih oleh para Breeder mereka.

Lalu, keuntungan apa saja yang bisa didapat dari memiliki anjing ras?

1. Memiliki surat silsilah resmi dari keturunan sebelumnya.

2. Sehat secara fisik karena telah dilakukan vaksinasi.

3. Bisa mengikuti ajang-ajang bergengsi, seperti kontes (Dog Show), pemilihan anjing-anjing juara (Champion) yang biasanya diselenggarakan oleh gabungan dari Perhimpunan  dalam dan luar negeri. Untuk mendapatkan predikat Champion pun tidak main-main, karena biasanya Para juri telah di datangkan langsung dari perhimpunan yang ada di luar negeri.

Jika anjing Anda menjadi juara dan mendapatkan predikat Champion, sudah pasti anjing milik Anda bisa memiliki kualitas eksport, dan mendapatkan nilai 'plus' untuk keturunannya kelak.

4. Anda bisa ikut berpartisipasi dalam melestarikan anjing-anjing ras ini dan menjadi seorang Breeder.

kicaupetzone.com
Semarang Dog Show
Pada dasarnya, memilih hewan peliharaan tidak harus dari jenis-jenis ras asli saja. Semua tergantung pada kebutuhan masing-masing orang, dan biasanya memelihara mereka atas dasar 'chemistry' atau ikatan batin yang telah tumbuh dari nurani masing-masing orang. 
Entah itu anjing ras maupun anjing lokal yang biasa dipanggil anjing kampung, mereka tetaplah memiliki naluri yang sama. Mampu memberikan ikatan batin pada pemiliknya, naluri dalam melindungi pemiliknya, dan menjadi teman bagi semua anggota keluarga.

Bahkan seekor anjing juga bisa menjadi 'anjing pekerja', seperti menuntun pemiliknya yang kehilangan penglihatan, atau menemani pemilik mereka yang difabel dalam mengiring kursi rodanya. 

Dan tentunya masih banyak lagi yang bisa kita lihat manfaat dari memelihara hewan kesayangan.

Share this

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Pertanyaan dan komentar Anda akan segera muncul setelah ditinjau, dan akan segera kami balas. Terima kasih. EmoticonEmoticon