Cara Merawat Anak Anjing Yang Baru Lahir

Merawat anak anjing yang baru dilahirkan sebenarnya susah-susah gampang. Biasanya mereka masih belum aktif bergerak sejak dilahirkan, dan lebih banyak menghabiskan waktunya dengan tidur sepanjang hari. Tetapi banyak juga yang belum memahami cara merawat anak anjing yang baru lahir ini dengan benar, sehingga tak jarang anak anjing ini mati karena salah perawatan.

Anak-anak anjing yang masih imut ini sangat membutuhkan pantauan khusus, apalagi jika induknya belum terbiasa menyusui. Dan jika kita tidak pandai dalam merawat anak anjing ini, mereka bisa cepat mati karena berbagai hal.

kicaupetzone.com
Puppies

Berikut tips dan cara merawat anak anjing yang baru lahir :

1). Menjaga Kehangatan Kandang

Anak anjing yang baru lahir akan sangat membutuhkan kehangatan. Biasanya mereka akan berkumpul dan selalu mencari induknya untuk mendapatkan kehangatan dan kenyamanan.
Usahakan kandang anjing diberi alas untuk menjaga kehangatan anak anjing, dan ini juga menjauhkan bahaya apabila ada kemungkinan kaki, tangan, atau kepala anak anjing masuk ke dalam jeruji kandang.

Namun, akan lebih baik anak-anak anjing yang baru lahir dibiarkan tidur diluar kandang bersama induknya, dengan menyediakan kasur atau alas untuk anjing. Selain menjaga anak anjing tetap hangat, juga menghindarkan mereka dari bahaya terjepit di jeruji kandang, karena anak anjing masih tergolong kecil.

2). Menjaga Kebersihan Kandang

Anak anjing sangat rawan terhadap penyakit. Terutama saat masih berumur dibawah 4 bulan. jadi anak anjing harus terus terjaga kebersihannya.
Bersihkan kandang dari segala macam kotoran, terutama jika ada remah-remah makanan yang bisa menimbulkan datangnya semut. 

3). Mata Anak Anjing Masih tertutup

Anak anjing yang baru lahir, biasanya memiliki mata yang masih belum terbuka sepenuhnya, ini karena mata anjing masih dalam proses pematangan pertumbuhan. Sejak dalam kandungan, anjing memiliki proses pertumbuhan mata yang cukup lama, sehingga saat mereka dilahirkan, bagian mata masih tertutup untuk proses penyempurnaan, setidaknya sampai anak anjing berumur 2 minggu. 

Jadi, jangan sesekali membuka matanya, karena mata anak anjing ini akan terbuka dengan sendirinya setelah proses pembentukan kornea matanya benar-benar sempurna.
Pada masa ini, biarkan anak anjing terus menyusu pada induknya. Dan pantau induk anjing untuk terus berada di dekat anak-anaknya.

4). Pemberian makan pada anak anjing dan induk

Untuk Induk :
*). Berikan makanan sehari-hari seperti biasa. Dan usahakan untuk selalu memberikan makanan dog food yang memang khusus untuk anjing. Karena dog food sudah diolah dengan penambahan vitamin dan nutrisi khusus yang diperlukan anjing. Jadi, makanan ini lebih sehat dan dianjurkan.

*). Berikan vitamin untuk induk, terutama vitamin untuk kalsium. Karena induk masih dalam masa menyusui, maka induk sangat membutuhkan asupan vitamin untuk menjaga agar tulang tetap sehat dan tidak mudah rapuh. Selain itu, vitamin dan nutrisi juga dibutuhkan sebagai penambah darah, agar induk anjing tidak mengalami anemia. 
Tanyakan dan mintalah pada dokter hewan mengenai vitamin untuk induk anjing.

Untuk anak anjing :
*). Anak anjing yang baru lahir, hanya minum susu dari induknya, sampai usia 2 minggu.
*). Saat memasuki usia 3 minggu, dan apabila anak anjing sudah terbuka matanya secara sempurna, bisa diberikan makanan tambahan, seperti susu formula dan dog food untuk puppies.
*). Bisa menggunakan susu formula yang biasa diminum bayi. Berikan selagi hangat.
*). Untuk pemberian dog food, pilih yang khusus untuk puppies. Ambil sedikit saja, taruh dalam mangkuk, lalu tambahkan sedikit air dan tunggu sampai dog food menjadi lembek.
*). Jangan mencampur dog food dengan air panas, karena bisa membuang vitamin dan nutrisi yang terdapat dalam dog food. 

5). Pemberian Vaksinasi

Anak anjing perlu diberikan vaksinasi. Ini supaya mereka tetap terjaga kesehatannya, tidak mudah sakit, terutama penyakit-penyakit yang berbahaya yang bisa menyebabkan kematian pada anjing. Cegah kemungkinan anak anjing sakit atau mati, dengan pemberian vaksin.
Vaksinasi sebaiknya mulai diberikan pada anak anjing minimal usia 6 minggu untuk vaksin pertama. Konsultasikan dan mintalah vaksinasi ini kepada dokter hewan.

*) Vaksin pertama biasanya hanya pada penanggulangan penyakit Parvo.

*) Vaksin kedua, meliputi Parvo, Distemper, Parainfluenza, Hepatitis CAV-2, dan Leptospirosis. Vaksin kedua diberikan 1 bulan setelah pemberian vaksin pertama. Pemberian vaksin ini sangat penting, karena biasanya anak anjing rawan terhadap penyakit yang diakibatkan virus dari lingkungan sekitar, terutama penyakit Distemper dan Parvo yang sering menyerang anak-anak anjing yang masih kecil.

*) Vaksin ketiga, sama seperti pada vaksin kedua, namun ada penambahan untuk vaksin Rabies. Vaksin ini diberikan 1 bulan setelah vaksin kedua. Jadi vaksin ini diberikan saat anjing sudah berumur 3,5 bulan. Dan ini sangat penting bagi anjing yang sudah aktif, terutama saat sudah sering diajak keluar rumah. 

*) Vaksinasi tahunan. Setelah pemberian vaksinasi ketiga lengkap, tentunya ada kelanjutan untuk pemberian vaksinasi ini, yaitu pemberian vaksin tahunan atau untuk satu tahun sekali saja. Ini supaya anjing tetap berada pada kekebalan tubuh yang sempurna.

Nah, setelah pemberian vaksinasi yang ketiga, anak anjing sudah aman dan sudah memiliki kekebalan terhadap berbagai macam penyakit, termasuk penyakit yang ditakuti oleh manusia, yaitu rabies. Anjing sehat, pemilik juga akan sehat tentunya yaa...

6). Pemberian Obat Cacing 

Puppies atau anak anjing ini perlu diberi obat cacing. Supaya mereka tetap memiliki pencernaan yang sehat, terhindar dari penyakit cacingan, dan nafsu makan tetap terjaga dengan baik.
Menghindarkan mereka dari bahaya cacingan juga sangat penting agar tidak menularkan bahaya ini kepada manusia atau si pemilik.
Pemberian obat cacing bisa dilakukan pada usia 5-6 minggu, atau 1 minggu sebelum dilakukan vaksinasi. Konsultasikan hal ini pada dokter hewan, mengenai dosis yang tepat.

7). Jangan memandikan anak anjing yang belum cukup umur

Ini sangat penting untuk diketahui para pemilik anjing. Terutama apabila Anda baru saja membeli anak anjing baru. Jika anak anjing sudah berumur setidaknya 4 bulan, boleh-boleh saja memandikannya. 

Namun, jika anak anjing masih berumur dibawah 3 bulan, terutama jika mereka belum mendapatkan vaksinasi, anak anjing sebaiknya jangan dimandikan dulu. Selain belum tahan terhadap suhu dingin, kemungkinan akan timbulnya sakit akan semakin tinggi. Memandikan anak anjing yang masih kecil bisa berdampak pada timbulnya sakit, seperti flu, pilek, batuk, dan rawan tertular penyakit parvo dan distemper. Nah, jika anak anjing belum diberikan vaksinasi, akan sangat berbahaya dan bisa menyebabkan mereka mati.

Anak anjing juga tidak boleh dimandikan setelah pemberian vaksinasi. Setidaknya untuk 1 minggu kedepan setelah vaksinasi. Seperti halnya anak anjing yang baru saja dimasuki virus untuk mendorong kekebalannya, jika dimandikan dan sakit, maka virus justru akan menyerang karena anak anjing dalam kondisi lemah.

Nah, setelah pemberian vaksinasi telah lengkap sepenuhnya, anak anjing juga sudah mulai tumbuh besar dan aktif, maka Anda sudah bisa bebas bermain-main dengannya. Dan tentunya anak anjing juga sudah bebas untuk bisa diajak bepergian keluar rumah.


Share this

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

9 komentar

Write komentar
Juni 02, 2016 3:08 PM delete

Bisa ndak ya anak anjing umur 1 bulan diberikan suntik vitamin?

Reply
avatar
Juni 03, 2016 8:35 AM delete

Umur 1 bln bisa saja mas di kasih suntik vitamin, tp biasanya utk vitamin lebih baik lewat minum aja.. Pakai yg bentuk sirup, cara kasihnya kalau susah bs pakai spet kecil.

Reply
avatar
Juni 03, 2016 8:38 AM delete

Atau kl yg bentuk tablet bs dipotong, disesuaikan dosis menurut berat badan anak anjing

Reply
avatar
Oktober 16, 2017 7:20 PM delete

Anak manjung saya belum sampai 2 minggu dan matanya belum terbuka tapi tiba2 mengalami cirit dan susah menghisap susu ibunya..bagaimana cara mengubatinya?

Reply
avatar
Oktober 17, 2017 1:05 PM delete

Anak anjing yg masih dibawah 1 bulan memang sering mengalami pup lembek (kotorannya encer). Karena masih dalam pengaruh sisa makanan saat masih dalam kandungan induknya. Bisa jg karena cuaca.

Usahakan anak anjing tetap hangat. Kandang atau tempat tidur anak anjing sebisa mungkin diberi kain tebal supaya lebih hangat.

Kalau anak anjing tidak mau menyusu induknya, diberi saja susu formula untuk bayi. Beri selagi susu masih hangat. Meskipun anak anjing belum membuka matanya, biasanya bisa secara naluri minum susu yg ditaruh diwadah kecil, jangan mengisi wadah terlalu banyak, biasanya cuma diminum sedikit demi sedikit. Atau bisa jg pakai dot susu khusus untuk anjing atau kucing.

Reply
avatar
Oktober 30, 2017 11:04 AM delete

Selamat siang, mohon bantuannya anjing saya baru berumur 3hari teru semalam pas pulang rmah anak anjing yg 1 badannya terasa dingin sekali dan sudah tidak mau minum susu dari induknya, itu bagaimana ya? mohon bantuannya.

Reply
avatar
Oktober 30, 2017 11:26 PM delete

Hallo Queenly,

Kalau anak anjing tidak mau minum induknya, coba dibantu dg dot khusus yg bisa dibeli di pet shop. Atau disuapi pakai sendok kecil susu yg hangat setiap 2-3 jam, atau jika tanda2 anak anjing sudah terlihat lapar. Bisa pakai susu formula bayi biasa yg utk usia 0-3 bln.

Usahakan diberi alas selimut/kain tebal yg kering. Jika basah kena pipis anak anjing, sebisanya mungkin diganti dengan selimut yg kering.

Yang penting, anak anjing badannya harus tetap hangat, dan perutnya jangan sampai kosong.

Reply
avatar
Maret 26, 2018 10:37 PM delete

Induk anak anjing saya mati setelah melahirkan mobon info untuk perawatannya, karena ada 8 anak anjing yang harus dirawat tanpa susu induk ya, terimakaksh

Reply
avatar
Maret 28, 2018 9:25 PM delete

Seperti isi artikel diatas, untuk merawat anak anjing yg masih sangat kecil ada bbrp cara :

1. Usahakan anaka anjing tidak kedinginan. Beri alas/ selimut utk alas tidurnya.
2. Jangan terlambat memberi makan/minum susu (bisa diberi susu bayi)
3. Jangan dimandikan sebelum anak anjing berumur diatas 3 bulan, atau sebelum vaksin.

Intinya, anak anjing tidak tahan suhu dingin karena bisa mudah terserang sakit, seperti flu, atau rentan terkena virus distemper yg ditularkan dari anjing di lingkungan luar rumah.

Reply
avatar

Pertanyaan dan komentar Anda akan segera muncul setelah ditinjau, dan akan segera kami balas. Terima kasih. EmoticonEmoticon