Tips Mengatasi Kucing Yang Tidak Mau Makan

Mungkin Anda saat ini sedang mendapati kucing kesayangan tidak mau makan? Meskipun beberapa cara dilakukan, tapi jika si manis ini tidak juga mau makan, mungkin Anda perlu mencoba beberapa tips mengatasi kucing yang tidak mau makan, berikut ini.

1). Mengganti Jenis Makanan
Sebaiknya kucing diberi makanan khusus untuk kucing atau cat food. Produk cat food yang ada di pasaran memang berbeda-beda dari komposisi dan rasa. 
Biasanya, cat food memiliki beragam rasa, seperti tuna, seafood, campuran milk, chicken, atau campuran dari berbagai rasa. 
Untuk kucing yang masih dalam pertumbuhan, atau kitten (anak kucing), Anda bisa memberikan cat food dengan campuran rasa susu di dalamnya. Namun, apabila kucing Anda sudah tumbuh dewasa, mungkin jenis rasanya harus diganti dengan cat food rasa tuna, seafood, chicken, atau yang lainnya.
Jika kucing tidak mau makan makanan yang Anda berikan sehari-hari, cobalah untuk mengganti dengan rasa yang lainnya. Sampai Anda paham rasa kesukaan kucing kesayangan Anda.

kicaupetzone.com

Adakalanya, kucing telah terbiasa dengan makanan saat pertama kali Anda berikan. Jika Anda menggantinya, biasanya kucing tidak mau makan karena mencium aroma yang berbeda dari makanan yang telah diberikan sebelumnya.
Misalnya Anda pertama kali memberinya makan dengan cat food yang keluaran Brand ternama dengan harga mahal. Suatu hari, Anda berniat menggantinya dengan cat food yang biasa saja dengan harga yang lebih murah. Biasanya, kucing tidak mau makan karena pergantian jenis makanan ini.

Agar kucing mau makan makanan baru yang Anda berikan :
- Cobalah mencampur makanan yang lama dengan yang baru.
- Komposisikan dengan perbandingan 2:1 (lama:baru)
- Komposisi berikutnya, 1:1 (lama:baru)
- Jika kucing sudah mau makan, berarti kucing sudah bisa beradaptasi dengan makanan barunya. Dan Anda sudah bisa memberinya dengan makanan baru tanpa mencampur dengan makanan lama.


kicaupetzone.com
cat food
2). Memberikan Obat Cacing
Obat cacing juga perlu diberikan pada hewan kesayangan. Ini bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan pada kucing. Pencernaan yang sehat akan membuat kucing memiliki nafsu makan yang baik. Tanyakan pada dokter hewan mengenai dosis pemberian obat cacing ini.

3). Pemberian Vitamin untuk kucing
Kucing yang mengalami gangguan nafsu makan bisa karena faktor lain. Anda bisa memberikannya vitamin untuk kucing. Vitamin ini bisa Anda beli di toko-toko pakan hewan atau pet shop.
Ada jenis vitamin yang pemberiannya dicampur pada makanan, ini lebih mudah diberikan, karena vitamin ini biasanya mempunyai aroma ikan sesuai kesukaan si manis. Jadi vitamin ini akan dengan mudah dimakan oleh kucing. Biasanya pemberian vitamin bisa dilakukan 2 hari sekali, dan pemberian bisa dihentikan jika kucing sudah mau makan.
Pemberian vitamin tidak hanya bermanfaat untuk nafsu makan saja, namun juga akan memberikan manfaat pada pertumbuhan bulu kucing supaya lebih sehat dan tidak rontok.

4). Ajak kucing bermain di luar kandang
Sama halnya manusia, hewan juga bisa merasakan kejenuhan. Sesekali, ajak kucing bermain-main diluar kandang, atau tempat terbuka di halaman.
Kucing juga perlu untuk berjemur di bawah sinar matahari. Dengan demikian kucing juga akan sehat secara fisik, dan meningkatkan mood. Dengan bermain dan bergerak, kucing akan mengeluarkan energinya, yang kemudian akan memacu nafsu makannya.
Untuk kucing yang sehat dan baik nafsu makannya pun juga membutuhkan olah-raga atau bermain, supaya kucing tidak mengalami obesitas.

Share this

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Pertanyaan dan komentar Anda akan segera muncul setelah ditinjau, dan akan segera kami balas. Terima kasih. EmoticonEmoticon