Merawat Kenari, Memilih Pakan Dan Cara Membedakan Jantan Atau Betina

Kenari adalah salah satu burung berkicau yang banyak digemari oleh para pecinta burung. Selain suaranya yang merdu, Kenari juga mudah dalam soal perawatan harian. 


Tidak hanya itu, warna bulu Burung Kenari yang beraneka ragam juga membuat burung yang satu ini mempunyai banyak penggemar, dan menjadi incaran para pecinta burung untuk dijadikan burung kontes.

Merawat Kenari, Memilih Pakan Dan Membedakan Jantan Atau Betina
Kenari

Kenari adalah sebutan atau nama lokal di Indonesia.
Memiliki nama Latin : Serinus Canaria
Nama asing : Canary
Masuk dalam Famili : Fringillidae.
Kenari memiliki ukuran tubuh saat dewasa sekitar 12,5 centimeter. 

Di luar negeri, Kenari dibudidayakan menjadi 3 (tiga) kelompok. Yaitu :

1. Berdasarkan warna
kelompok satu adalah Kenari yang dikembangbiakkan untuk mendapatkan mutasi warna yang beragam, atau disebut colour canary. Misalnya Kenari satinette, onyx, dan red factor. Dengan semakin banyaknya persilangan inilah, kenari tidak lagi berwarna hijau-kekuningan, tetapi juga muncul warna-warna lain seperti kuning, putih, jingga, hitam, cokelat, merah, bahkan blorok (warna variasi campuran). 

2. Berdasarkan  postur tubuh
Kelompok kedua adalah pengembangbiakkan kenari karena sosok tubuh yang menarik atau disebut Type canary, seperti Lancashire, yorkshire, gibber italicus, dan Australian plainhead. 

3. Berdasarkan suara
Kelompok ketiga adalah kenari yang dikembangbiakkan berdasarkan suara atau disebut song canary. Pengembangbiakan ini untuk mendapatkan jenis suara yang merdu, misalnya waterslager (malinois), german roller ( harzer roller), russian singer dan american singer.


Jenis Pakan Untuk Kenari


Kenari adalah burung pemakan biji-bijian., hampir sama dengan Lovebird. Namun, sebagai tambahan protein dan gizi untuk kenari, bisa diberikan makanan lain, seperti daun sawi, mentimun, dan telur.

Makanan pokok untuk burung kenari adalah biji-bijian, seperti canary seed, millet putih, millet merah,Biji sawi, dan niger seed. Pakan Kenari ini bisa dibilang hampir sama dengan pakan Lovebird, tetapi untuk Kenari bisa menambahkan komposisi canary seed lebih banyak dari jenis pakan lainnya.

Tetapi biasanya burung kenari ini lebih menyukai jenis pakan canary seed dibanding makanan lainnya. Jadi pemberian jenis pakan ini bisa lebih banyak, sekitar 50-60%. Tetapi pemberian pakan jenis lainnya juga penting untuk melengkapi gizi dan proteinnya, misalnya pada masa ternak atau saat berganti bulu.

Merawat Kenari, Memilih Pakan Dan Cara Membedakan Jantan Atau Betina
Pakan Kenari

Bagimana cara merawat Kenari?

Merawat burung kenari ini tidaklah sulit. Perawatan harian sama dengan perawatan burung lainnya. Memandikan, menjemur dan juga me-master suara kenari sama halnya dengan burung lainnya.

Tempatkan Kenari pada kandang yang tidak terlalu sempit, sebab Kenari menyukai tempat yang luas untuk bisa bersuara bebas. Untuk kenari lokal umumnya menggunakan kandang dengan ukuran 40x40, bisa lebih kecil sedikit misalnya 40x35, atau lebih besar sedikit 40x45.

Merawat Kenari, Memilih Pakan Dan Cara Membedakan Jantan Atau Betina

 Membedakan Kenari Jantan Atau betina


Untuk bisa membedakan kenari jantan atau kenari betina memang harus benar-benar dilihat dengan seksama. 

Ciri-ciri Kenari jantan --- Jika Kenari tersebut rajin "ngriwik", pada bagian atas dekat rahang akan bergerak-gerak dan mengeluarkan suara 'kemrecek', maka kemungkinan besar 85% Kenari tersebut berkelamin jantan. Selain itu, bisa dilihat pada bagian kelaminnya. Kelamin kenari jantan terlihat sedikit menonjol.

Ciri-ciri Kenari betina --- Kenari betina sangat jarang mengeluarkan suara atau "ngriwik" seperti kenari jantan. Tetapi ada pula kenari betina yang ngriwik. Selain itu, bagian kelamin kenari betina terlihat agak rata. 

Mendongkrak Stamina Kenari

Perilaku "ngriwik" dimulai sejak burung berumur 4 minggu (1 bulan), dan suara volume "ngriwik" ini akan semakin keras saat burung memasuki usia 3 bulan. Pada masa ini Kenari sudah mulai bersuara 'ngeplong-ngeplong'  dan sudah dapat berkicau dengan keras

Untuk mengeluarkan suara kenari supaya bisa keras, tentu dengan pemberian pakan yang berkualitas dan perawatan yang baik juga akan menentukan cepat atau lambatnya Kenari dapat berkicau. 

Agar Kenari memiliki stamina yang cukup untuk berkicau, pemberian pakan bisa ditambahkan dengan telur rebus. Telur rebus ini sangat mutlak diberikan setiap hari jika ingin memiliki kenari yang bagus atau untuk dicalonkan sebagai juara. Satu butir telur puyuh rebus juga sudah baik untuk menunjang stamina kenari.

Selain itu, jika kenari kekurangan protein, sistem reproduksi burung juga akan terlambat berkembang atau matang, sehingga kenari akan lambat berkicau atau tidak akan berkicau sama sekali. Dan untuk menjaga supaya kenari tidak kekurangan protein, bisa diberikan suplemen Vitalur 2x seminggu. Vitalur ini mengandung asam amino dan zat pembentuk protein yang sangat baik untuk mendongkrak stamina burung.
 
Merawat Kenari, Memilih Pakan Dan Cara Membedakan Jantan Atau Betina
Vitamin Burung


Jika Anda menginginkan suara Kenari menjadi keras, bening, dan jernih melengking, bisa diberi pakan tambahan sayuran berupa sawi, selada, gambas (oyong), timun, atau parutan wortel. Bisa juga menambahkan suplemen Gacor 2x seminggu dicampur dalam air minumnya.    


Share this

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Pertanyaan dan komentar Anda akan segera muncul setelah ditinjau, dan akan segera kami balas. Terima kasih. EmoticonEmoticon