Tips Meningkatkan Stamina Cucak Hijau

Para Ijomania tentu mengidamkan burung kesayangannya memiliki stamina yang prima, sehingga jika dibawa ke arena lomba dapat mengikutkannya dalam beberapa kelas. Namun dalam hal ini tentu para ijomania harus paham cara meningkatkan stamina Cucak Hijau ini.


Untuk mendapatkan stamina yang prima untuk cucak hijau tentunya tidaklah semudah yang seperti kita bayangakan. Kita harus konsisten dalam melakukan perawatan harian untuk mendapatkan hasil yang maksimal terhadap burung yang kita rawat.

Tips Meningkatkan Stamina Cucak Hijau


Dan berikut ini beberapa tips agar cucak ijo kita bertambah staminanya:

1. Jemur Dan Umbar

Salah satu resep yang sekarang banyak diterapkan adalah dengan cara memasukannya ke kandang umbaran sembari dijemur. Ini dijadikan sebagai bagian dari perawatan rutin tiap hari atau perawatan harian.

Beberapa orang bahkan ada yang menjadikan kandang umbaran sekaligus sebagai kandang harian. Dengan demikian, kebiasaan sehari-harinya pun tanpa dikerodong. Jadi baru benar-benar dipindah ke sangkar gantang menjelang lomba saja.

Meskipun tidak seekstrim itu, hampir semua pemilik cucak hijau juara rata-rata memperlakukan penjemuran di kandang umbaran secara berkala.

2. Pisang Dan Madu

Yang tidak bisa ditinggalkan dari cucak hijau antara lain adalah buah pisang. Diluar menu voer dan ekstra fooding serangga seperti jangkrik dan kroto, pisang termasuk makanan pokok atau keseharian yang nyaris tidak bisa ditinggalkan cucak hijau.

Banyak yang memberikan pisang kepok, kemudian buahnya digores-gores, kemudian dituang dengan madu secukupnya. Madu juga dipercaya dapat meningkatkan stamina cucak hijau terutama pada perubahan musim seperti ini.

3. Mandi Sendiri

Sebaiknya Cucak hijau dibiarkan mandi sendiri sepuasnya dengan menggunakan cepuk atau karambah tergantung kebiasaan si burung. Hindari madi semprot secara paksa. Bulu cucak hijau termasuk sangat sensitif. Penyemprotan paksa bisa membuat kagol dan bulu rontok lagi meskipun sesungguhnya belum saatnya.

Baca juga : Membuat Kandang Umbaran Sendiri Untuk Arena Melatih Napas Burung


Demkian tips dalam meningkatkan stamina cucak hijau. Semoga bisa berguna untuk burung cucak ijo kesayangan kita.

Share this

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Pertanyaan dan komentar Anda akan segera muncul setelah ditinjau, dan akan segera kami balas. Terima kasih. EmoticonEmoticon