6 Jenis Burung Pemaster Yang Direkomendasikan Untuk Cucak Hijau

Menghadapi perubahan cuaca saat ini, pola perawatan cucak ijo perlu ekstra perhatian. Agar stamina dan suara tetap mantap dilapangan, ada kiat khusus yang bisa dilakukan oleh para ijo-mania untuk mempertajam suara burung kesayangan. Jadi meski cuaca ekstrim, burung Cucak Ijo tetap bisa tampil maksimal.

Burung Cucak Hijau (cucak ijo) memang masuk jajaran burung terlaris, yang masa kejayaannya hampir tidak pernah surut. Untuk itulah, para Ijomania harus selalu mencari materi-materi lagu yang istimewa untuk memberikan tampilan terbaik di lapangan.

Meski burung Cucak ijo bukan burung cerdas, namun burung ini sanggup mengingat masteran yang diperolehnya, tapi juga gampang melupakannya. Sehingga Cucak ijo harus selalu mendapat materi masteran yang cukup dan rutin supaya tampil lebih baik dari burung masterannya.

6 Jenis Burung Pemaster Yang Direkomendasikan Untuk Cucak Hijau
Burung Rio-rio dan Kolibri Raja

Masa mabung adalah waktu yang tepat untuk me-master cucak ijo. Materi-materi yang sesuai dengan cengkokan lagunya direkomendasikan menjadi pengisi memorinya.

Ada 6 jenis burung master yang cocok untuk mengisi materi cucak ijo, antara lain:
  • Kapas tembak
  • Cililin
  • Lovebird
  • Rio-rio
  • Gereja tarung
  • Kolibri
6 Jenis Burung Pemaster Yang Direkomendasikan Untuk Cucak Hijau
Burung Cililin

Untuk mengisi lagu cucak ijo tidak semudah apa yang dibayangkan, pertama kita harus mengetahui tipikal burung yang akan di masteri. Suara si master cocok atau tidak lagunya jika dibawakan, jika kurang cocok justru bakal merusak suaranya. Meski terlihat ada lagu tonjolan yang nyeleneh bukan berarti materi lagu burung tersebut enak untuk didengar. 


6 Jenis Burung Pemaster Yang Direkomendasikan Untuk Cucak Hijau
Burung Kapas Tembak


Baca juga : Teknik Mastering Dan Posisi Mastering Burung Yang Benar

Dalam setiap lomba burung, pastinya selalu mengutamakan lagu dan kemerduan suara. Jika lagu yang dibawakan tidak enak didengar, tentu akan mengurangi nilai. Maka dari itulah, mencari master-master yang benar-benar baik bukanlah hal yang mudah. Apalagi jenis ini dikenal sulit untuk bisa mengkondisikan dalam kurun waktu singkat.

Setelah terisi lagu yang menonjolkan trecetan, kasar, maka lebih dasyat penampilannya dengan mengeluarkan volume kristal. Suara kristal beda dengan suara tebal/besar, tipe suara tebal relatif kurang bagus, karena akan tenggelam jika berada di tengah ramainya suara sorakan penonton. Sedangkan suara kristal cenderung lebih jernih dan tinggi, sehingga bisa terdengar oleh para juri.

Demikian tips memilih burung pemaster yang bagus untuk cucak hijau kesayangan Anda. Semoga bermanfaat.

Share this

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Pertanyaan dan komentar Anda akan segera muncul setelah ditinjau, dan akan segera kami balas. Terima kasih. EmoticonEmoticon