5 Jenis Kenari Yang Populer Di Pasaran

Di pasaran banyak ditemukan berbagai jenis Kenari yang dapat dipilih, masing-masing memiliki keistimewaan dan daya tarik terutama menyangkut suara kicauannya. Tidak semua jenis kenari dapat menyenandungkan suara kicauan yang sama bagusnya. Umumnya kicauan kenari menonjolkan naik turunnya gelombang suara, variasi, kocokan suara dan irama. Namun kocokan suara yang membuat kicauan kenari enak didengar belum tentu dapat dilakukan oleh semua jenis kenari.

Mutu dan kualitas suara kenari sangat mempengaruhi harga jualnya. kadangkala harga kenari yang mahal disebabkan oleh keunikannya, misalnya kenari jenis Frill yang bulunya terbalik. Kenari frill yang semula dikembangkan di Belanda ini juga tergolong bagus dalam berkicau, tetapi harganya yang mahal membuatnya cukup langka di pasaran.

Berikut ini 5 jenis kenari yang mudah ditemukan di pasaran, yaitu:



1. Kenari Taiwan


5 Jenis Kenari Yang Populer Di Pasaran
Kenari Taiwan

Ciri fisik kenari taiwan tidak berbeda dengan kenari pada umumnya, yaitu warna bulunya kuning. Perbedaan jenis kenari taiwan dari kenari lain adalah bulunya tampak kasar. Sementara kicauannya dicirikan dengan suara tirrr.... yang cukup panjang dan jarang dilakukan kenari jenis lain. Dari segi mutunya, suara kenari taiwan kurang dapat dibanggakan jika disertakan dalam kontes. Alasannya cengkok suara kenari taiwan tidak dalam dan umumnya tidak pandai menirukan suara burung lain yang sengaja didampingkan untuk ditiru suaranya. Harga kenari taiwan tergolong lebih murah dibanding kenari jenis lainnya.


2. Kenari RRC 


5 Jenis Kenari Yang Populer Di Pasaran
Kenari RRC

Jenis Kenari RRC yang ada dipasaran, ukuran tubuhnya kurang lebih 12-13cm dan fisiknya terlihat ramping. Bulu kenari RRC umumnya berwarna kuning keputihan. Kualitas suaranya juga tergolong biasa karena kicauannya tidak terlalu tebal dan kurang mampu bersuara keras. Meskipun demikian kenari RRC mempunyai keunggulan jika dibandingkan dengan kenari taiwan yang badannya lebih besar. Kenari RRC kurang bisa diandalkan di arena kontes, tetapi lebih cocok sebagai burung penghibur untuk dinikmati suaranya.


3. Kenari Gloster


5 Jenis Kenari Yang Populer Di Pasaran
Gloster Corona (berjambul) - Gloster Consort (tidak berjambul)

Keberadaan Kenari gloster di pasaran tidak terlalu banyak karena kurang diminati. Kurangnya minat terhadap kenari gloster mungkin karena bentuk fisiknya yang agak bulat dan terkesan pendek. Ukuran tubuhnya berkisar 11-11,5cm.

Ada dua jenis kenari gloster, yaitu: untuk yang berjambul dikenal sebagai gloster corona, sedangkan yang tidak berjambul dikenal sebagai gloster consort. Kualitas suaranya tergolong cukup baik, juga sering di konteskan oleh para penggemarnya. Suaranya tidak jauh berbeda dari kenari holland, hanya saja volume suaranya lebih kecil dan hanya mengandalkan kocokan suara. Begitupun harga jualnya tidak jauh berbeda dengan kenari holladn dan sangat tergantung pada kualitas suaranya, juga jumlah yang ada dipasaran saat itu.


4. Kenari Holland


5 Jenis Kenari Yang Populer Di Pasaran
Kenari Holland

Ukuran tubuh Kenari Holland sekitar 13-14cm. Warna bulunya sangat beragam: kuning, kecoklatan, merah wortel dan juga warna campuran.
Kenari Holland bisa dijadikan burung lapangan atau untuk dikonteskan karena suara kicauannya memenuhi ukuran standar mutu. Selain tebal dan keras, variasi suaranya juga cukup banyak. Kocokan suaranya cukup baik, cengkok suaranya bisa mengalir secara berulang-ulang jika sudah terlatih. Hal tersebut tidak mengherankan karena dalam tubuh kenari Holland mengalir darah kenari Border yang mempunyai kualitas suara setingkat lebih baik. Keunggulan lain dari kenari Holland adalah gelembung dilehernya yang sangat menarik jika dipandang saat burung ini berkicau secara terus menerus atau pada saat diadu dengan sesama jenisnya.


5. Kenari Yorkshire


5 Jenis Kenari Yang Populer Di Pasaran
Kenari Yorkshire

Kenari Yorkshire berasal dari Inggris. Bentuk tubuhnya seperti wortel. Kenari jenis ini merupakan hasil silangan dari kenari Belgia dengan kenari Lancashire Plai Head, yaitu jenis kenari yang banyak tersebar di Inggris. Ukuran tubuhnya kurang lebih 16-17cm.

Dipasaran sekarang banyak ditemui kenari Yorkshire hasil silangan dengan kenari Holland dan ada juga yang menyilangkan dengan kenari Gloster. Akan tetapi, hasilnya kurang memuaskan karena suaranya masih kalah baik dari Yorkshire impor. Jenis kenari Yorkshire tergolong paling unggul dilapangan dan keberadaannya masih sulit disaingi, terutama menyangkut suaranya. 

Baca juga : Beberapa Tips Memilih Kenari Bakalan

Sebenarnya variasi suara kenari Yorkshire masih kalah baik dari kenari Holland, begitu juga dengan cengkok suaranya. Akan tetapi ketebalan dan kerasnya suara yang dimiliki membuatnya lebih diminati oleh para kenari-mania yang sering mengikutsertakan kenari Yorkshire di arena kontes.


Share this

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Pertanyaan dan komentar Anda akan segera muncul setelah ditinjau, dan akan segera kami balas. Terima kasih. EmoticonEmoticon