Mengenali Tanda-Tanda Anjing Terkena Kanker

Penyakit kanker tidak hanya menyerang manusia saja. Tapi anjing juga bisa terkena penyakit kanker yang mematikan ini, lho! Nah, buat para Dog Lovers, wajib baca supaya kalian bisa mengetahui tanda-tanda penyakit kanker pada anjing. Supaya anjing kamu juga bisa terus menemanimu dan hidup lebih lama.

Mengenali Tanda-Tanda Anjing Terkena Kanker

Berikut ini 9 Tanda Penyakit Kanker Pada Anjing

1. LESU
Para Dog Lovers seharusnya tahu cara membedakan antara malas dan lesu. Anjing yang sehat biasanya gemar bermain, berlari, melompat-lompat, atau mengibaskan ekornya. Dan para pemilik anjing biasanya tahu kepribadian anjingnya. Perhatikan jika tiba-tiba ada perubahan perilaku pada anjing kamu.Misalnya, anjing jadi berubah mellow, tampak lesu saat disodori makanan, atau tidak suka bermain seperti biasanya. Jika terjadi hal demikian, segera periksakan ke dokter hewan.

2. PERUBAHAN NAFSU MAKAN
Anjing yang kehilangan nafsu makan bisa juga jadi indikasi ia terinfeksi penyakit. Memang, banyak hal yang bisa membuat anjing kehilangan nafsu makan, dan salah satunya bisa karena kanker. Jika sampai berhari-hari ia tidak kunjung juga mau makan, segera bawa ke dokter hewan untuk mengetahui penyebabnya.

3. BERAT BADAN TURUN DRASTIS
Jika anjing mengalami penurunan berat badan secara drastis tanpa ada sebab yang jelas, kamu wajib curiga. Sebab bisa jadi ia mengalami masalah kesehatan yang serius.

4. GUSI PUCAT
Salah satu gejala kanker pada anjing bisa terlihat dari gusi yang tampak pucat. Gejala ini bisa berarti ia kehilangan darah. Untuk itu, jangan lupa selalu memeriksa gusi anjing, apakah tampak sehat atau tidak.

5. MUNTAH DAN DIARE
Jika anjing sering muntah dan diare, disertai gejala-gejala klinis lainnya, cepat bawa ke dokter hewan untuk diperiksa.

6. BAU YANG TIDAK BIASA
Anjing memang memiliki bau khas. Tapi jika tercium bau yang tidak biasa seperti bau busuk yang berasal dari mulut, hidung, dan dubur anjing, kamu wajib waspada. Segeralah bawa anjing kamu ke dokter hewan untuk diperiksa lebih lanjut penyebabnya.

7. MENGALAMI MASALAH PERNAPASAN
Para pemilik hewan sebaiknya selalu memperhatikan, apakah anjing tiba-tiba batuk, mengi, atau sesak napas. Bisa jadi anjing kamu terkena kanker paru.

8. LUKA TERBUKA
Jika anjing mengalami luka terbuka yang tidak kunjung sembuh, ini bisa berarti ada masalah medis yang serius. Pastikan untuk segera diperiksa oleh dokter hewan.



9. MUNCUL BENJOLAN DIBAWAH KULIT
Saat kamu bermain bersama anjing kamu, biasakan memeriksa bagian kulit anjing. Seperti pada bagian belakang telinga dan sekitar wajah. Jika kamu menemukan benjolan yang tidak biasa, sekalipun itu kecil, jangan diabaikan. Apalagi jika benjolan itu berdarah, bisa jadi ini adalah benjolan dari kanker. 

Jenis kanker ada yang ganas ada yang tidak. Kanker ganas bisa berupa benjolan tidak beraturan, tidak ada batas yang jelas, keras, dan mencengkeram di jaringan tubuh lainnya. Kanker yang jinak, bisa dilihat dari benjolannya yang bulat, bisa digoyang-goyang, dan memiliki batas jelas.

Jika memang ada benjolan pada anjing kamu, segeralah bawa ke dokter hewan untuk dilakukan biopsi dan pemeriksaan laboratorium. 

Seperti halnya manusia, hewan peliharaan juga merupakan makhluk yang diciptakan untuk bisa hidup berdampingan dengan manusia. Yang wajib kita pelihara sebaik-baiknya. Saat ia sakit juga tentu membutuhkan uluran tangan kita. Sayangi anjing kalian ya Guys! Jangan lupa selalu memperhatikan kesehatannya. Salam Dog Lovers!

Share this

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »

Pertanyaan dan komentar Anda akan segera muncul setelah ditinjau, dan akan segera kami balas. Terima kasih. EmoticonEmoticon