Sage Grouse, Si Burung Langka Asal Amerika Yang Punya Payudara??

Belum pernah melihat jenis burung yang satu ini? Ini memang jenis burung langka yang habitatnya hampir punah. Yuk, sedikit mengenal mengenai burung ini. 

Namanya Sage Grouse, adalah salah satu jenis unggas paling langka di dunia. Berhabitat di wilayah Amerika, dan menurut para peneliti, burung ini hanya berjumlah sekitar 5.000 ekor di alam liar.

Sage Grouse, Si Burung Langka Asal Amerika

Burung yang ditemukan sekitar 16 tahun lalu ini tampaknya akan punah bila tidak diperhatikan oleh para ahli konservasi hewan. Dalam kurun waktu lebih kurang satu dekade ini, populasinya semakin menurun.

Burung Sage-Grouse memiliki perilaku yang unik ketika hendak kawin. Pada saat memasuki musim kawin, burung pejantan Sage-Grouse  akan mengibaskan ekor runcingnya, membuat suara tertentu dan menggembungkan kantung udara kuning yang terdapat pada bagian dada mereka. Jadi, bagian dada yang mirip payudara itu ternyata dimiliki oleh Sage-Grouse jantan saja.

Sage Grouse, Si Burung Langka Asal Amerika
Sage-Grouse jantan

Burung ini mencari makan di darat dengan memakan serangga dan beberapa jenis tanaman. Meskipun masuk dalam golongan unggas, Sage-Grouse tidak dapat mencerna biji-bijian keras seperti burung belibis lainnya. 

Hewan ini biasa membuat sarang di tanah, tepatnya di bawah semak-semak atau rumput.
 

Share this

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Pertanyaan dan komentar Anda akan segera muncul setelah ditinjau, dan akan segera kami balas. Terima kasih. EmoticonEmoticon